News

Shadu Rasjidi, Nobarier dalam bermusik

Hadir di Java Jazz On The Move dan Java Jazz Festival 2013 sebuah grup musik jazz yang tengah hangat dibicarakan sejak akhir tahun 2012 lalu. Adalah  Shadu Shah Chaidar, akrab dipanggil Shadu Rasjidi, menjadi komandan grup Shadu Rasjidi Band (SRB) dengan anggota Shadu pada bass, Qadra Shaku Hachi (Shaku Rasjidi) memainkan drums, Fanny Kuncoro (piano/keyboard), Ticco Laksana (Gitar), Fabion Haryo Adjie (saksofon), dan Indra Arti Dauna (trompet). Dalam kurun waktu setengah tahun ini Shadu membawa SRB bermain di Lampung Jazz, World Youth Jazz Festival Putrajaya Malaysia 2012 dan Salihara Jazz Buzz di bulan Januari lalu.

SRB adalah tetas impian pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini sejak kecil untuk memiliki band sendiri. Kegiatan ngeband-nya dimulai saat Shadu bersama saudara-saudaranya bermain dalam grup yang mereka beri nama Ensemble Funk (2002-2005), kemudian ia ikut membentuk beberapa band jazz seperti Jazzynergy (diantaranya beranggotakan juga Jevin Julian yang saat itu masih bermain drums) dan Trio Reserve. Sebagai solois, Shadu telah tampil di pelbagai acara jazz di dalam dan luar negeri, seperti Jazz Goes To Campus, Jakarta International Jazz Festival, dan Jakarta International Java Jazz Festival dengan banyak musisi jazz senior tanah air, diantaranya Idang Rasjidi Syndicated, Dewa Budjana dan Dwiki Dharmawan. Shadu pernah tampil bersama Bob James dan Lewis Pragasam, manggung di No Black Tie Malaysia dan Blue Note Jazz Festival, Jepang. Namun baru akhir tahun 2011 ia tersadar, salah satunya dipacu oleh masukan bassist Adi Darmawan, untuk memberanikan diri membuat sebuah band sebagai rumah musikalnya.

Bagi putra dari musisi jazz Idang Rasjidi dan vokalis/ pemain trumpet Happy Bayu Wardani (Pretty Sisters), musik jazz yang ia mainkan bersama SRB tidaklah dibatasi oleh genre, tidak ada sesuatu yang dikanal serta harus bebas mengekspresikan diri. Jikapun dipilih roh Jazz Rock sebagai pondasi tetap ”Jazz Rock” ala SRB yang mereka mainkan. Konsep ini Shadu ilustrasikan di sebuah lagu instrumental yang ia tulis dan diberi judul ”Nobarier”. Selain itu, di Java Jazz 2013, SRB juga membawakan beberapa komposisi  Shadu yang lain seperti ”Buitenzorg” dan ”V.M.S” yang merupakan gambarannya terhadap trio S.M.V (Stanley Clarke-Marcus Miler-dan Victor Wooten). Sebuah tribute kepada orangtuanya, Shadu dan SRB me-remake lagu lama karya Idang Rasjidi, ”Groovin Licks” dan ”Bad News For The World”, untuk mereka mainkan. Mari kita saksikan cita rasa dan semangat bermusik yang nobarier dari Shadu Rasjidi Band di Java Jazz Festival 2013.  (Roullandi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker