News

Ron Davis luncurkan Blue Modules – Merayakan jazz dengan cara yang menyenangkan

ron-davis-blue-modulesRon Davis pianis asal Toronto Kanada, yang pernah tampil di Bali, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta tahun 2005 yang lalu, baru saja merilis album terbarunya, berjudul Blue Modules yang berisikan perayaan jazz yang menyenangkan.

Gagasan yang ditawarkannya kali ini adalah merayakan jazz, klasik dan funk ditambah rap, blues dan world music. Davis bermaksud menghancurkan dinding genre dengan Blue Modules seperti yang dilakukannya  begitu mulus segar dan menyenangkan.  Anda bisa bergabung dengan Ron untuk bersama-sama menaiki pengalaman yang menyenangkan ini.

Ditemani sejumlah musisi yang inovatif, Ross Macintyre pada bass, Roger Travassos pada drum dan perkusi, serta bintang tamu seperti Grantis Donna pada gitar dan aktor Diego Matamoros pada vokal . Menawarkan campuran yang benar-benar eklektik – yang mungkin tidak anda temukan pada rilisan jazz, Ron dan rekannya  menerapkan apa yang mungkin disebut signature spirit improvisasi Ron Davis.

Dialbum Blue Modules, Davis menekankan keterampilannya sebagai instrumentalis fenomenal, komposer dan arranger. Dia melompat dari grand piano ke Fender Rhodes dan kembali lagi dengan pendekatan mulai dari swing hingga post-bop ke genre jazz piano – dengan mengambil sedikit risiko namun tetap menyenangkan.

Sejumlah karya orisinal dan cover dihadirkan Blue Modules. Seperti nomor funky “Pawpwalk” yang mengingatkan kita pada Lonnie Liston Smith pada 80-an, atau Sesame Street “Mahna Mahna” dengan Elmo-nya. “Viva Las Vegas” menampilkan perkusi luar biasa dari Travassos.

Selain itu ada pula karya milik Jimi Hendrix’ “Voodoo Chile – Slight Return” dengan suara Diego Matamoros’ berbicara – seperti sedang berada di kelab puisi. Atau karya Stevie Wonder, “Don’t You Worry ‘Bout A Thing” dan nomor Beatles “You Can’t Do That”, semacam penemuan kembali pop, istilah Ron.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker