News

Drummer kelahiran Cimahi, Peter Ypma meninggal dunia

Aji Wartono - Peter Ypma - Agus Setiawan Basuni di Rotterdam
Aji Wartono – Peter Ypma – Agus Setiawan Basuni di Rotterdam

Sebuah kabar duka datang dari Rotterdam. Drummer kelahiran Cimahi, Peter Ypma meninggal dunia. Berita tak menyenangkan ini datang sehari setelah The Lady of Jazz in Europe, Rita Reys – yang kerap bermain sepanggung dengan Oom Peter – demikian ia akrab disapa, juga berpulang menghadap Yang Maha Kuasa.

Pria yang mahir berbahasa Indonesia ini dikenal lewat Quartet-nya yang  tergabung dalam Peter Ypma +3 selain PY +11 – band berisi dua belas orang bebop yang telah beberapa kali tampil di North Sea Jazz Festival dan Janlaurens Hartong trio.

Peter Ypma juga menaruh perhatian besar pada dunia pendidikan. Ia merupakan guru Konservatori di Rotterdam. Dalam kesempatan konser di Indonesia, ia banyak memberikan workshop.

Bahkan ia juga merekam karya bersama gitaris Oele Pattiselanno, gitaris dedengkot jazz Indonesia. Album tersebut  didukung pula Erick van De Lutj (piano), Marius Beets di kontrabas serta pemain saksofon tenor Ab Schaap dan proses rekaman dilakukan di Jakarta dalam waktu relatif singkat, hanya tiga jam saja. Album yang hanya dirilis dalam jumlah terbatas ini diterbitkan label dalam negeri Musikita Records tahun 2006.

Nama Peter Ypma juga berafiliasi dengan Dutch Swing College Band karena tahun 1963 ia melakukan perjalanan ke Australia dan Selandia Baru bersama band yang dipimpin oleh Peter Schilperoort itu.

Dalam sebuah kesempatan bersama Ajie Wartono, saya mengunjungi kediaman Peter Ypma di Rotterdam dan menemukan suasana Indonesia sesaat memasuki kediamannya.

Peter Ypma berusia enam belas tahun saat membeli drum-kit pertamanya dan memutuskan berhenti belajar di  Thorbecke Lyceum, Den Haag. Setahun kemudian ia bermain di Holland-America Line, yang memberikan kesempatan mempelajari scene jazz Amerika dan bermain di New York.

Sempat bermain selama setahun sebagai drummer big band jazz Sender Freies di Berlin. Sekembalinya ke Belanda ia bermain terlibat dalam Dansorkest Vara, Metropole Orchestra, Rogier van Otterloo dan Radio Philharmonic Orchestra dan beberapa kelompok jazz kecil. Peter Ypma lantas menjadi drummer andalan  trio Pim Jacobs dengan Ruud Jacobs pada bass yang selalu mengiringi Rita Reys.

Usia Peter Ypma saat tutup usia adalah 71 tahun.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker