FestivalNews

Indonesian Jass Festival digelar akhir Agustus 2013

indonesianjassfestival_2013

Makin ramai saja perhelatan Jazz di Indonesia. Satu lagi persembahan terbaru bertajuk Indonesian Jass Festival  (IJF) yang dijadwalkan akan diselenggarakan 30-31 Agustus 2013 bertempat di di Istora Senayan Jakarta.

Dalam rilis yang diterima WartaJazz (06/08), ALBA Productions selaku pengagas dan pelaksana Indonesian Jass Festival  2013  mengatakan bahwa IJF  adalah mimpi luhur ajang pagelaran musik jazz tanah air yang bertujuan sebagai ajang komunikasi antar penikmat dan pemain/musisi jazz baik pemula maupun para legenda.

Panitia akan menciptakan suasana kasual dan hangat dimana penikmat musik dan musisi dapat berbaur dalam suasana yang lebih intim dalam format taman musik. IJF juga mengusung unsur idealisme sebagai persembahan kepada Indonesia, sehubungan dengan rasa nasionalisme mulai berkurang. Panita berharap ajang ini menjadi salah satu alat pemersatu bangsa, memupuk nasionalisme dan lebih penting menumbuhkembangkan musik, khususnya Jazz di tanah air.

Jass atau Jazz?

Mungkin sebagian anda akan bertanya mengapa jass dan bukan jazz. Panitia IJF melontarkan pemikiran bahwa Sebelum akhirnya popular dengan istilah “Jazz”, di era awal perkembangan musik penuh improvisasi ini, beberapa musisi masih menggunakan istilah “Jass” seperti sebuah band bernama “The Original Dixieland Jass Band” yang merupakan band pertama yang merekam album jazz pada tahun 1917. Berangkatdari spirit originalitas istilah “Jass” inilah Indonesian Jass Festival digelar.

Acara perdana ini akan menyajikan 6 panggung terdiri dari satu panggung Indoor dan lima panggung outdoo dengan penampilan setiap band dari berbagai genre jazz berdurasi 45 menit.

Berapa band/musisi yang sudah menyatakan bersedia tampil dalam IJF 2013 antaralain: Maliq n D’essential, IdangRasjidi, Gugun& Blues Shelter, Andiean, Syaharani& Queen Fireworks, Inna Kamarie, The Groove, BLP, Soulvibe, IndroHardjodikoro, IrengMaulana, OelePattiselano, Benny Mustafa, MusMudjiono, Balawan, Margie Segers, Benny Likumahuwa, Harry Toledo, Baron, MonitaTahalea, Radini, BobyLimijaya& 8 Horns, Tesla Manaf featuring MGG-ITB, Sandy Winarta Quartet, Beben Jazz & Friends, Sketsa, Julian MarantikaProject, Trio Philosphy ABG (Arief, Bintang, Gerry), Manna, Andi Wiriantono Project, BAG+Beat, dll. Beberapa band yang berasal dari komunitas-komunitas jazz di seluruh Indonesia juga akan dihadirkan.

Anda tertarik untuk menonton acara ini?. Jika anda ingin menonton dua hari yaitu 30 dan 31 Agustus (terusan) besarnya adalah IDR 250.000,- tapi jika anda hanya ingin membeli tiket di salah satu hari, harganya IDR 165.000,-. Pemesanan tiket bisa dilakukan via WartaJazz Ticket Box dengan mengirimkan jumlah pesanan tiket anda disertana nama lengkap dan nomor hp ke sales@wartajazz.net dg subject “Tiket Indonesian Jass Festival 2013”.

Kami tunggu pesanan anda 🙂

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker