News

Pianis George Duke wafat

George Duke & Al jarreau di Java Jazz Festival 2012 (Photo by Erwin/WartaJazz)
George Duke & Al jarreau di Java Jazz Festival 2012 (Photo by Erwin/WartaJazz)

Pianis George Duke dikabarkan tutup usia Senin (5/8/2013) di St John’s Hospital di kota Los Angeles, Amerika Serikat. Pria kelahiran 2 Januari 1946 ini meninggal dunia di usia 67 tahun.

Menurut majalah Jazzwise dari Inggris, George Duke tengah berjuang melawan lymphocytic leukemia kronis. Selain itu ia juga merasa terpukul atas kematian istrinya  Corine Duke tepat setahun yang lalu.

Kabar duka ini memang disampaikan pertama kali oleh situs Radio Fact, dimana pendiri band Supremes sekaligus rekan Duke, Sherrie Payne yang menyampaikan. Rashid Duke – salah seorang putra George Duke juga menyatakan, “Terima kasih banyak atas perhatian, doa dan dukungan anda. Banyak ucapan yang kami terima dari kawan-kawan ayah, fans dan seluruh pencinta musik yang luar biasa”.

Terakhir George Duke menyapa publik Indonesia pada  Jum’at, 1 Maret 2013, lewat nama duo Clarke/Duke Project untuk yang pertama kalinya dalam sejarah Java Jazz Festival. Seolah-olah tahu bahwa “Sweet Baby” menjadi bukti kesuksesan duo tersebut sejak tahun 1981, sebagian besar penonton sudah meneriakkan judul tembang tersebut sejak Clarke dan Duke muncul dari sisi kanan panggung.

George Duke merintis karier dari kancah musik jazz, funk dan fusion. Namanya dikenal luas dan melambung di dunia musik, usai menciptakan lagu-lagu hits, seperti ‘Sweet Baby’, ‘Born To Love You’, dan ‘Shine On’.

Penyandang gelar Bachelor of Music dari San Fransisco Conservatory of Music ini juga dikenang lewat dukungan pada sejumlah nama seperti Miles Davis, Sonny Rollins dan Dexter Gordon. Lewat seorang rekannya, violinist Jean-Luc Ponty berkesempatan bergabung dengan grup Frank Zappa The Mothers Of Invention selain menjadi co-lead dalam sebuah band bersama Billy Cobham.

Sepanjang karirnya George Duke telah merilis tiga puluhan album. Yang terakhir diterbitkan oleh Universal Music, bertitel Dreamweaver. 

Berdasarkan catatan kami, Duke juga terlibat dalam album Michael Jackson, Off the Wall (1979). Album ini menorehkan prestasi Grammy Hall of Fame tahun 2008 silam.

George Duke tak hanya piawai bermain piano, ia juga memiliki kemampuan pada vocal, piano, contrabass dan trombone.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker