News

Pameran Gitar Lukis dan Peluncuran Buku Dawai Dawai Dewa Budjana 2013

Dewa Budjana, gitaris kenamaan – termasuk salah satunya band pop Gigi – yang telah mengerjakan sejumlah album akan menggelar pameran dengan artistic director Jay Subyakto dan guitar display dari Putu Sutawijaya.

Acara berupa konser dan pameran ini akan digelar pada hari Jumat, 30 Agustus 2013 bertempat di Museum Nasional (d/h Museum Gajah), Jl. Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Barat. Selain Dewa Budjana yang akan ditemani Shadu Rasjidi (bass), Jalu Pratidina (kendang), Elfa Zulhamsyah Warongan (drums) dan Krishna Balagita (keyboard) acara ini juga akan dimeriahkan Woro Sinden Cilik, Yuyun dan Ketut Rina.

Selain itu juga ada launching buku Buku Dawai Dawai Dewa Budjana yang ditulis Bre Redana. Dalam hal ini Budjana bekerjasama denganpara maestro seni rupa seperti Srihadi Soedarsono, Djoko Pekik, Jeihan, Sunaryo, Astari Rasjid dan para fotografer professional mulai dari Darwis Triadi, Jay Subyakto, Ray Bachtiar Dradjat hingga Anton Ismael.

Pada bagian akhir pameran di tanggal 1 September 2013 Dewa Budjana akan tampil bersama GIGI sebagai closing concert. Keseluruhan acara berlangsung di Museum Nasional, Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Barat. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi +62 21 344-7778 (Telp & Fax).

***

Dewa Budjana adalah salah satu musisi Jazz Indonesia yang konsisten melahirkan karya. Ia telah merilis usa Damai” (1997), berlanjut konsisten dengan “Gitarku” (Sony, 2000), “Samsara” (Sony, 2003), “Home” (Sony BMG, 2005),  Dawai in Paradise, (DeMajors, 2011) hingga Joged Khayangan (DeMajors, 2013).

Minat khususnya pada free jazz pernah diungkapkannya saat WartaJazz mengabarkan konser Geisser-Mazzola di Prambanan yang ajaibnya disesaki orang. Ini tercermin dari profil improvisasinya, gandrung pilihan disonansi yang menohok kita agar menerimanya sebagai pola alami baru, untuk kemudian dinikmati utuh setelah pulih dari terkejut, pada lagu yang ramah dengar sekalipun.

Pilihan hari yang penghujung minggu sepertinya bukan sebuah kebetulan. Pada 30 Agustus 2013, Budjana genap berusia 50 tahun (Ia lahir di Waikabubak 30 Agustus 1963).

Oleh karenanya kami mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Bli Budjana. Semoga terus menginspirasi Indonesia dengan karya-karya terbaiknya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker