News

KualaLumpur bersiap hadirkan KL International Jazz Festival 2013

KL-International-Jazz-Festival-2013

Makin ramai saja pentas Jazz di Asia Tenggara. Kali ini dari ibukota Malaysia, Kuala Lumpur yang akan menggelar 2nd KL International Jazz Festival 2013.

Pada hari Sabtu, 14 September 2013 mulai dari pukul 11 pagi hari hingga tengah malam, bertempat di University of  Malaya, Kuala Lumpur, sejumlah bintang jazz mancanegara akan menyuguhkan sajian jazz penuh citarasa.

Mereka yang dipastikan hadir antara lain gitaris yang akrab dengan julukan captain the fingers, pemenang Grammy-award Lee Ritenour, saxophonist Jessy J, ex personil Billy Cobham guitarist Carl Orr dari London; progressive jazz rock fusion groups The Subterraneans dari Sydney dan Kazutoki Umezu Kiki Band dari Tokyo; Musisi R&B  eZra Brown dari New York dan vokalis asal Afrika Selatan yang juga penulis lagu Zamajobe.

Lalu ada alto saxophonist Rudresh Mahanthappa, yang memberikan warna ‘baru’ pada dunia jazz. Mahanthappa adalah figur menarik. Lelaki kelahiran Italian yang besar di Kanada dan kini menetap di Amerika Serikat merupakan musisi keturunan India yang  meramu beragam genre musik khususnya India dengan bahasa jazz yang menjadi bentukan baru namun tetap dapat diidentifikasi sebagai jazz.

Dari dalam negeri Malaysia sendiri akan tampil musisi veteran Jose Thomas dan Jordan Rivers, selain Cats In Love, UiTM Jazz Ensemble, UCSI Contemporary Ensemble, Ballads & Blues, John Thomas Trio dan John Dip Silas.

Salah satu program unggulan festival ini adalah dedikasi untuk musisi legendaris P. Ramlee yang akan dipersembahkan oleh The UM Big band yang dipimpin oleh direktur Universiti Malaya’s Cultural Centre Professor Dr Mohd Nasir Hashim.

The KL International Jazz Festival digarap oleh penyelenggara bersama Dewan Bandaraya Kuala Lumpur (DBKL) sebagai pendukung utama, dengan patron Yang Berbahagia Datuk  Ahmad Phesal Talib,  the Honourable Mayor of Kuala Lumpur dan support dari Malaysian Airlines.

Pada intinya KL International Jazz Festival ingin memuaskan dahaga Jazz aficionados dengan sajian jazz kontemporer, smooth jazz, straight ahead jazz, classic jazz, jazz rock, R&B, swing, funk, classic rock sampai blues. Panitia menyebut lebih dari  100 musisi akan tampil dalam empat pangguang yang terdiri dari dua stage outdoor dan dua indoor.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker