Jazz di Batam & BintanNews

6th Asean Jazz Festival kembali dipentaskan di Batam

Sapta Nirwandar - Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
Sapta Nirwandar – Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Kota Batam kembali dipilih oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjadi tuan rumah perhelatan 6th Asean Jazz Festival yang diselenggarakan di Batam pada 20-21 September 2013.

Berbagai genre musik jazz seperti swing, funk, acid, fusion, hingga etnik pun akan meramaikan panggung Asean Jazz Festival 2013 dengan kurang lebih 50 musisi dari berbagai negara maupun dari Indonesia serta dari provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar membuka press conference  dihadapan para jurnalis, Rabu (18/9) menerangkan, “Ide awalnya kita ingin punya spot di wilayah perbatasan Batam-Singapore-Johor untuk menarik turis menonton [jazz – red] di Batam. Atau cross-border visitor program”.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan akan disediakan tiga panggung dengan pemandangan laut, yaitu Jazz Indonesian Stage. Sementara dua panggung lainnya adalah Wonderful Indonesia Stage – yang merupakan panggung utama  dan Wonderful Kepri Stage.

Dalam penjelasannya Yusfa mengatakan, “Acara ini digelar di kawasan terpadu komplek pertokoan, mal, hotel dan terminal dengan tujuan utama Singapura”.

Sementara itu Dwiki Dharmawan selaku Direktur Festival menjelaskan mengatakan bahwa belakangan ini kerap disuarakan Diaspora sehingga memberikan kesempatan panitia mengundang Yuri Jo (Diaspora Indonesia asal Australia) dan Mia Samira yang lama bermukim di Hongkong.

Musisi Internasional yang akan hadir antara lain Jeremy Tordjman (Perancis), Aslan Burhan (Turki), Steve Thornton (Malaysia) dan Fabian Lim (Singapura).

Festival juga bakal diisi oleh sejumlah nama lainnya, seperti Rieka Roslan, Barry Likumahuwa, Sierra Soetedjo, Sandy Winarta, Agam Hamzah, Adi Darmawan, Nita Aartsen, Glen Dauna Jazz Quintet, Naseem Nahid, Dwiki Darmawan, Yeppy Romero, Ibnu Rafi dan lain-lain.

aseanjazz-2013-a

Tuan rumah Batam akan menghadirkan Tjepy and Friend, Malay Kandzena, Unived, KGC dan Ardhta. Tak ketinggalan juga ada group jazz Indonesia asal Aceh yaitu Moritza Thaher Trio dan Asal Jawa Timur, Surabaya All Star Big Band yang akan tampil bersama Ita Purnamasari.

“Berbeda dengan kegiatan festival jazz di tempat lainnya, Asean Jazz Festival di Batam memang didesain untuk mendatangkan wisatawan baru kemudian memberikan ruang apresiasi bagi masyarakat”, demikian Rizki Handayani, Plt Direktur Promosi Dalam Negeri.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker