KomunitasNews

Idang Rasjidi hadiri Kajen Jazz Lesehan 2013 di Pekalongan

Musik merupakan suatu bahasa bersifat universal. Menjadi media efektif sebagai penyampai maksud dan tujuan dengan segala kepentingannya baik dari dalam maupun di luar itu sendiri. Ia melampau sekat-sekat ruang, status dan zaman, dimana energinya mampu menyatukan dunia dengan segala perbedaan dan keunikannya. Tidak hanya untuk dimainkan, ia juga terus bergerak, bertegur sapa. Temukan sebentuk dialog yang hadir melalui persinggungan antar nada dan melodi sehingga membentuk harmoni.

Dengan segala konstruksi dan anatominya, musik tumbuh dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman yang ada. Singgah di berbagai lokasi dalam kurun yang berbeda-beda, membentuk tradisi dan memainkan peran sebagai komunikator antar jiwa. Music disamping merupakan bahasa jiwa, juga penguat dan perekat hati, melalui musik seseorang diajarkan untuk menghargai kehidupan, menghargai sesame.

Fungsi musik disamping dapat memberikan rasa estetis, juga dipandang sangat penting dalam keterkaitan terhadap unsur nilai-nilai edukasi. Karena seni musik diyakini mampu mengembangkan kecerdasan emosional dan social sehingga diyakini mereka yang memiliki apresiasi seni yang tinggi akan memiliki kelembutan jiwa. Diharapkan nantinya mereka akan memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap permasalahan sosial di masyarakat. Unutk itulah upaya memerdekaan terhadap apresiasi musik harus senantiasa dibangun. Dan karya musik apapun bentuknya perlu mendapat penghargaan karena ia lahir dari sebuah perenungan daya kreasi.

Menelisik musik Jazz yang sering dibicarakan orang, banyak kalangan berasumsi bahwa “jazz” adalah musik kaum elit dan ekslusif, yang oleh kebanyakan orang masih dianggap “rumit”, hanya dimainkan di hotel-hotel dengan tiket yang mahal. Sesungguhnya rumor tersebut sangat tidak sepenuhnya benar adanya, dan semestinya mind set tersebut sudah saatnya segera ditepis jauh-jauh.

Beranjak dari pemikiran tersebut, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, akan menggelar sebuah event apresiasi musik yang bertitel “Kajen Jazz Lesehan 2013”. Menghadirkan musisi jazz nasional dengan kaliber dan pengalaman global yakni Idang Rasjidi and Friends.

Acara Kajen JAZZ Lesehan 2013 digelar pada hari Minggu 22 September 2013 bertempat di Rumah Dinas Bupati Pekalongan Kajen Jawa Tengah. Ada dua kegiatan yang digelar pada waktu berbeda yaitu Workshop pada pukul 09.00 WIB dan concert practice pada pukul 19.00 WIB.

Acara ini tidak dipungut biaya, sehingga anda yang tertarik silakan mampir.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker