Profile

Christian Howes sang tokoh penunjuk jalan pada biola kontemporer

Christian Howes telah meninggalkan jejak tak terhapuskan dan siap menjadi tokoh penunjuk jalan pada biola kontemporer.

Dia telah mendapatkan pengakuan dan pujian dari para seniman dan kritikus. Seperti dikatakan pionir gitar Les Paul, dengan siapa Christian telah tampil berkali-kali: “Tidak ada yang lebih baik daripada orang ini.” Beberapa seniman terkemuka yang pernah bekerja sama atau merekam dengan Howes termasuk Greg Osby, Randy Brecker, James Carter, Jack DeJohnette, Quartette Indigo milik Akua Dixon, Billy Hart, D.D. Jackson, David Murray, Steve Turre Sextet dengan Strings, Jane Monheit, Dr. John, Frank Vignola, dan Lenny White, untuk beberapa nama.

Sebagai penduduk asli Columbus, Ohio yang lahir 21 Februari 1972, Howes mendapatkan pelatihan klasik mulai dari usia lima tahun. Dia kemudian tampil memainkan Mendelssohn Violin Concerto bersama Columbus Symphony Orchestra pada usia 16 tahun.

Setelah meraih tempat di kompetisi klasik nasional saat masih remaja, Howes berusaha untuk membangun dasar klasik yang kuat dan membedakan dirinya dalam jazz, seni para pemain musik. Bintangnya terus bersinar sejak saat itu.

Sebagai pemimpin band atau tamu utama, Howes telah tampil di panggung-panggung bergengsi seperti Newport, Toronto, Ottawa, dan Tri-C jazz festivals. Penampilannya di klub membawanya ke tempat-tempat ternama di seluruh dunia seperti Birdland, Iridium, Knitting Factory, Blues Alley, dan Village Vanguard, dan itu hanya di Amerika Serikat. Tur Christian membawanya ke seluruh Midwest AS, Timur Jauh, dan seluruh Eropa, termasuk tempat tinggal paruh waktu di Spanyol, di mana dia telah berkolaborasi dengan beberapa musisi terbaik negara itu.

Tahun 2002, Howes tampil dalam film Spanyol berjudul Impulsos.

Sebagai seniman yang sangat serbaguna dan fleksibel, pemain biola/komposer yang produktif ini memiliki lima ansambel kerja yang berbeda, termasuk Christian Howes Group (kwintet atau kwartet), Hot Swing Group, European Acoustic Trio, Special Electric Violin Project, dan Duo Americana.

Howes kerap memberikan klinik dan kelas master untuk semua usia. Lewat channel Youtubenya, Howes sangat aktif memberikan video tutorial untuk mereka yang belajar string instrumen khususnya biola.

Album Rekomendasi

  • Confluence (Christian Howes, 1997)
  • Ten Yard (Christian Howes, 1999)
  • Jazz on Sale (Khaeon World Music, 2003)
  • Heartfelt (Resonance, 2008)
  • Out of the Blue (Resonance, 2010)
  • Southern Exposure (Resonance, 2012)
  • American Spirit (Resonance, 2015)

Lebih lanjut

  • https://christianhowes.com
  • https://www.instagram.com/christianhowesviolinist
  • https://www.facebook.com/christianhowesviolinist

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker