FestivalJak Jazz FestivalNews

JakJazz datang lagi: [Still] Jazz the Way You Are – 18,19 dan 20 Oktober

Jakarta International Jazz Festival, atau lebih dikenal dengan JakJazz kembali digelar tahun ini. Sebagai salah satu pelopor festival jazz berkelas internasional di tanah air, JakJazz terselenggara sejak tahun 1988 silam, dan hingga putaran terakhir 2012 di Istora Senayan, JakJazz telah diadakan 13 kali.

Tema yang diusung kali ini adalah [Still] “Jazz the Way You Are” yang menandakan sebuah momentum kembalinya JakJazz dalam industri musik di Indonesia dengan wajah dan konsep yang lebih segar; dapat dinikmati oleh penonton yang lebih luas.

Seperti dijelaskan penyelenggara, salah satu misi JakJazz adalah menciptakan regenerasi musisi jazz muda, dengan menampilkan sejumlah musisi anak-anak juga mengajak sejumlah komunitas jazz dari berbagai daerah di Indonesia untuk tampil di JakJazz 2013.

JakJazz 2013 didukung oleh Bank BJB serta Sharkindo Komunika selaku organiser juga bekerjasama dengan World Wildlife Fund (WWF) berkaitan kampanye anti penangkapan ikan hiu (SOShark), dan kampanye pengelolaan sampah (Zero Waste) berbentuk manajemen sampah organik/non-organik.

JakJazz2013_banner

Lalu siapa saja musisi yang akan meramaikan JakJazz kali ini? Untuk artis internasional terdapat sejumlah nama seperti Rene van Helsdingen (Belanda), Lica Cecato (Brasil), Xiong Lee (Malaysia), Jeremy Tordjman (Perancis), Afronesia feat. Helga Violin (Afrika/Hungaria) dan Lewis Pragasam-AsiaBeat-Richard Jackson (Malaysia/Amerika Serikat). Sedangkan dari dalam negeri, penonton akan dihibur oleh musisi-musisi kebanggaan lintas generasi; mulai dari Ireng Maulana sampai Joey Alexander.

Ada pula penampilan dari beberapa komunitas jazz di tanah air seperti Komunitas Jazz Kemayoran, Jazz Ngisoringin (Semarang), Etawa Jazz (Jogja), Komunitas Jazz Lampung, BJF (Batam), Komunitas Jazz Serpong, Margo Rising Star (Depok), FJazzC (Surabaya), dan Jazz BSD (Tangerang), di antaranya.

Bertempat di Istora Senayan, JakJazz 2013 akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, 18, 19 dan 20 Oktober. Simak jadwal lengkapnya untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu pada situs resmi JakJazz Festival dan catat tanggalnya dalam agenda anda.

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker