News

Sri Hanuraga & Adra Karim serta Indra Lesmana Group bakal tutup Salihara Jazz Buzz 2014

Menutup perhelatan Salihara Jazz Buzz 2014, Sri Hanuraga & Adra Karim akan memainkan karya-karya Thelonious Monk, sementara Indra Lesmana Group akan menafsirkan karya-karya Chick Corea.

Thelonious Monk dikenal sebagai salah satu legenda dalam sejarah musik Amerika dan dunia, berkat sentuhan improvisasinya yang dramatis. Komposisi dan permainan pianonya yang tak lazim telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan jazz dan menginspirasi begitu banyak musisi di dunia, tak terkecuali Sri Hanuraga dan Adra Karim. Aga dan Adra akan memainkan kembali karya-karya Thelonious Monk dalam tampilan yang berbeda dari aslinya.

Sri Hanuraga dan Adra Karim telah mengenal piano sejak usia belia. Aga melanjutkan pendidikan piano jazz di Conservatorium van Amsterdam, sedangkan Adra Karim melanjutkan pendidikan di ArtEZ School of Music dan Prince Claus Conservatorium Groningen, Belanda. Di Belanda Aga dan Adra meraih pengalaman internasional sebagai pianis jazz. Kedua pianis muda berbakat ini percaya bahwa tidak ada penghargaan yang lebih besar untuk Monk selain memainkan karya-karya sang maestro tanpa terdengar seperti aslinya.

Sementara Chick Corea dikenal sebagai maestro yang berpengaruh dalam aliran jazz fusion di Amerika Serikat pada awal 1960-an. Indra Lesmana Group terdiri atas Indra Lesmana (piano), Tohpati (gitar), Shadu Shah Chaidar (bas), Dion Subiakto (drum), dan Ricad Hutapea (saksofon). Kelima anggota Indra Lesmana Group adalah nama-nama yang sudah dikenal luas dalam khazanah jazz Indonesia. Indra menempuh pendidikan di New South Wales State Conservatorium of Music. Tohpati telah merilis album solo serta tiga album bersama grup simakDialog. Adapun Shadu Shah Chaidar, Dion Subiakto, dan Ricad Hutapea kerap tampil bersama musisi senior Indonesia di sejumlah festival jazz di Indonesia dan mancanegara.

Indra Lesmana Group berharap memainkan kembali karya-karya Chick Corea akan mampu menghidupkan kembali semangat fusion dari Chick Corea yang bukan hanya menitikberatkan pada teknik, namun juga pada komposisi.

Anda yang tertarik menonton dua konser diatas bisa datang langsung ke Teater Salihara, atau bisa membeli tiket (tiap acara) seharga Rp75.000 (Rp35.000 untuk pelajar/mahasiswa) dapat dipesan melalui tiket@salihara.org, 021-789-1202, 0817-077-1913, 0857-193-111-50.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker