News

Osaka menjadi tuan rumah International Jazz Day 2014

UNESCO telah memilih kota Osaka, Jepang sebagai tuan rumah gelaran tahunan International Jazz Day yang tahun ini memasuki putaran ketiganya. Pada 30 April 2014, sebuah konser akbar akan dilaksanakan di Osaka Castle Park, salah satu lokasi bersejarah di Jepang. Hari itu pula, jazz dirayakan serentak di penjuru dunia.

HEADER_jazzday_res

Herbie Hancock selaku UNESCO Goodwill Ambassador mengungkapkan bahwa audiens Jepang sangatlah loyal, mereka menempatkan seni secara luhur dan jazz diapresiasi sebagai musik yang bercita rasa tinggi, bahkan melebihi publik Amerika Serikat pada umumnya.

Terpilihnya Osaka sebagai tuan rumah Hari Jazz Internasional 2014 berdasarkan fakta bahwa kota tersebut memainkan peranan penting bagi awal mula perkembangan jazz di Jepang awal 1920-an, pun geliat jazz di Osaka masih dinamis hingga kini.

Foto oleh Thomas Y. Anggoro
Foto oleh Thomas Y. Anggoro

Musisi yang akan tampil antara lain Herbie Hancock, Wayne Shorter, Kenny Garrett, Terumasa Hino, Dee Dee Bridgewater, Gregory Porter, Roy Hargrove, Marcus Miller, Esperanza Spalding, Earl Klugh dan John Scofield.

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker