News

Aksan Sjuman and The Committee of The Fest luncurkan album Realitas Khayal

“Aksan Sjuman and The Committee of The Fest” (ASATCOTF) memulai recording pertama mereka pada tahun 2007, kemudian tidak aktif selama beberapa tahun dikarenakan kesibukan masing-masing personil. Di tahun 2009 dan 2010 mereka tampil dalam The International Java Jazz Festival dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para audiens. Sejak tahun 2012 mereka mulai aktif kembali tampil dalam sejumlah acara seperti Anugerah Cerpen Terbaik Kompas (2012), Serambi Jazz Goethe Institut (2013) serta Pidato Kebudayaan Dewan Kesenian Jakarta (2013), dan akhirnya di tahun 2014 me-release album pertama mereka berjudul “Realitas Khayal”.

asatcotf

Band ini terdiri dari Aksan Sjuman (Drums) dan musisi muda yang namanya sudah tidak asing terutama di kalangan music jazz dan kontemporer seperti Indra Perkasa (Contrabass), Nikita Dompas dan Dion Janapriya (Electric guitar), Mery Kasiman (Rhodes/Synth) dan Kartika Jahja (Voice). Setiap personil memiliki karakter masing-masing dan saling bersinergi dengan cara yang unik yang menghasilkan bunyi yang tak terduga. Elemen ‘surprise’ merupakan salah satu hal yang penting dalam musik ASATCOTF, reaksi yang berbeda-beda didapat oleh audiens maupun pemain saat musik dimainkan dan setelahnya. Seluruh proses pembuatan album menggunakan live recording untuk memastikan elemen tersebut tetap terjaga. Musik ASATCOTF seperti mengajak ke sebuah perjalanan dimana awalnya audiens menerka-nerka akan mengarah kemana, dibawa lebih dalam mengikuti alunan instrumen dan pada akhirnya semakin diperjelas dengan nyanyian.

Album “Realitas Khayal” berisi 6 lagu : Death of The Prophet, Hungry, Love as a Punishment, Candu Cinta, World as a Festival dan Hidden Tracks yang tercipta dari hasil imajinasi yang luar biasa dari para personil yang dirangkum dalam pengalaman bermusik Aksan selama bertahun-tahun. Seperti ilustrasi yang tampak pada cover album, Realitas Khayal menarik pendengar dalam suasana festival semarak dan penuh warna warni, dimana semua orang bermain dengan lepas, tanpa terikat suatu genre. Pendengar dapat menikmati elemen jazz, rock, folk, pop, dance dan lainnya yang memiliki kompleksitas masing-masing namun tetap terdengar menghibur dan penuh kejutan. Aksan menyebutnya dengan istilah “serius fun”.

asatcotf2

Seluruh proses rekaman album Realitas Khayal dilakukan di Ponpin Studio, Sjuman School of Music dan diproduksi Rumah Karya Sjuman (www.rumahkaryasjuman.com). Proses mixing dilakukan oleh Brotherland dan produksi serta distribusi CD oleh DeMajors label dengan design cover Migi Parahita. Launching album diadakan pada hari Senin, 24 Maret 2014 di Largo Bistrot – Jl. Benda Raya no. 5A, Kemang, Jakarta Selatan

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker