News

Celebrating International Jazz Day 2014: The Music Journey of Jay & Gatra Wardaya

Pada tahun 2011, 30 April dideklarasikan oleh UNESCO sebagai International Jazz Day. Setiap tahunnya, peringatan ini dirayakan oleh komunitas, sekolah, seniman, sejarawan, akademisi dan penggemar jazz di seluruh dunia untuk mempelajari kembali sejarah, akar, dampak dan masa depan jazz.

Bertepatan dengan hari tersebut, Jay & Gatra Wardaya (artist collective yang berbasis di bidang musik puisi) berkesempatan merayakan International Jazz Day dengan bekerjasama dengan beberapa pihak yang juga mendukung peringatan International Jazz Day ini. Dengan tanpa serta-merta menyebut Jay & Gatra Wardaya sebagai grup Jazz, karya-karya Jay & Gatra Wardaya telah dipengaruhi salah satunya oleh musik Jazz dan berbagai pemikiran dari akademisi dan musisi Jazz.

IJD 2014_JAY_res

Perayaan ini diadakan dalam dua acara. Pertama adalah diadakannya diskusi dan pengenalan jazz kepada mahasiswa yang diselenggarakan berkat kerja sama Jay & Gatra Wardaya dengan American Corner UMY di Mini Theater PPB Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pukul 12.30 WIB. Dalam diskusi ini, kesempatan dibuka seluas-luasnya bagi mahasiswa yang ingin mengerti lebih jauh mengenai musik Jazz.

Kedua adalah diselenggarakannya pementasan karya-karya Jay & Gatra Wardaya (yang telah dipentaskan sejak 2011 hingga sekarang) di Studio Teater Garasi Yogyakarta pukul 20.00 WIB. Di pementasan ini, Jay & Gatra Wardaya akan menampilkan karya musik puisinya dan berbagi cerita tentang proses dan seluk-beluk karya. Pementasan ini diselenggarakan berkat kerja sama Jay & Gatra Wardaya dengan Teater Garasi dan Pintu Kecil Lab.

Dengan diadakannya dua acara tersebut, Jay & Gatra Wardaya berharap untuk bisa memaknai International Jazz Day bukan hanya sebagai sebuah perayaan saja melainkan juga sebagai sebuah momen kebersamaan dan komunikasi sosial sesuai dengan apa yang terkandung dalam jazz sebagai musik penanda pergerakan sosial.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker