News

Diresmikan di New York, Jalan Itu Bernama “Miles Davis Way”

Setelah melewati proses yang cukup alot akhirnya “Miles Davis Way” kini resmi menjadi nama sebuah jalan di New York City, menggantikan West 77th Street yang terletak di antara Riverside Drive and West End Avenue.

Foto oleh Don Hunstein (1958)
Foto oleh Don Hunstein (1958)

Selama kurang lebih 25 tahun, sampai pertengahan 1980-an, ikon jazz Miles Davis (1926 – 1991) tinggal di sebuah apartemen di 312 West 77th Street. Dalam rentang waktu dan di tempat itu pula, Miles menghasilkan karya-karya legendaris semisal Kind of Blue dan Bitches Brew.

Upaya untuk memberikan rekognisi tersebut datang dari Shirley Zafirau, salah satu tetangga Miles yang kini masih bermukim di kawasan itu. “Miles banyak berinteraksi dengan masyarakat sekitar di jalan ini,” ujar Shirley. Lebih lanjut ia menjelaskan, “Di sejumlah tempat lain terdapat jalan yang dinamakan dari musisi jazz seperti Duke Ellington, Chico O’Farrill atau John Hicks. Lalu saya membayangkan, mengapa tidak untuk Miles mendapat penghargaan serupa,” terangnya.

Shirley Zafirau di bawah tanda jalan West 77th yang akan berganti nama "Miles Davis Way" (Foto oleh Emon Hassan)
Shirley Zafirau di bawah tanda jalan West 77th yang akan berganti nama “Miles Davis Way” (Foto oleh Emon Hassan)

Tahap demi tahap yang seringkali melelahkan, lewati rangkaian dengar pendapat bersama komunitas lokal dan pihak berwenang akhirnya terbayar dengan ditekennya undang-undang oleh Walikota New York, Michael Bloomberg yang resmikan “Miles Davis Way.”

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker