FestivalNews

Torang Pe Jazz by the Sea Festival 2014 Siap Digelar di Manado, 14–15 Mei

Sebuah perhelatan jazz bertaraf internasional dalam pesona eksotisme wisata Indonesia timur segera digelar di kota Manado, Sulawesi Utara, 14–15 Mei mendatang. Bertajuk Torang Pe Jazz by the Sea Festival 2014, acara tersebut terselenggara atas kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dengan Daya Audacia serta dipastikan akan menarik minat wisatawan sekaligus meningkatkan apresiasi dan kecintaan masyarakat terhadap jazz di tanah air khususnya di kawasan Sulawesi Utara.

Sulawesi Utara dengan masyarakatnya yang majemuk dikenal sangat akrab dengan tradisi bermusik. Sejarah menceritakan kehidupan masyarakat Sulawesi Utara yang tidak lepas dari musik.

“Festival jazz ini merupakan sesuatu yang istimewa karena dapat menjadi cikal bakal festival bertaraf internasional tahunan di kota Manado,” terang Tjut Nyak Deviana Daudsjah, musisi/edukator jazz senior selaku Penasihat Daya Audacia sebagai organiser Torang Pe Jazz tersebut.

Saat konferensi pers Sabtu malam (10/5) di the Lounge XXI Plaza Senayan Jakarta, Deviana menuturkan, “Ibu saya berdarah Minahasa, dan festival Torang Pe Jazz ini didukung pula oleh GAM—Gerakan Aceh-Minahasa,” candanya yang disambut gelak tawa audiens. Kemudian ia membuka lewat aransemen “O Inani Keke” dalam sajian piano tunggal. Nomor tersebut adalah trek pembuka album solo Deviana, Tales of  Indonesia (RPM, 2013).

Torang Pe Jazz akan diramaikan pula oleh sejumlah musisi jazz dalam dan luar negeri antara lain Veronica Nunn, Tjut Nyak Deviana Daudsjah feat. the AAMOS, Indro Hardjodikoro feat. Soukma Egas, Ermy Kullit, Cornelia Agatha, Benny & Barry Likumahuwa dan Rio Moreno Latin Combo Band.

Berkaitan dengan Torang Pe Jazz, akan diadakan pula World Coral Reef Conference (WCRC) 2014 yang berlangsung 14–15 Mei di kota Manado, seperti dituturkan Suprianda H. Ruru selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Utara.

Di hari pertama Deviana dan Veronica akan mengadakan seminar jazz sebelum konser dimulai. Terdapat pula parade marching band dari KRI Dewaruci, dan senam kebugaran yang dipandu oleh Vicky Burky pada pagi keesokan harinya. “Wisatawan serta penikmat jazz akan menikmati suasana festival ini dalam keindahan pemandangan di tepi laut Teluk Manado yang masuk dalam kawasan objek wisata Taman Nasional Bunaken,” pungkas Deviana.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker