FestivalNews

Medan hadirkan North Sumatra Jazz Festival edisi ke empat

nsjf2014

North Sumatra Jazz Festival kembali akan membuat kota Medan dan sekitarnya, bahkan kawasan Sumatera bagian utara, bakal kembali jazzy! Seperti yang terus terjadi, sejak 2011 silam, saat North Sumatra Jazz Festival hadir di kota Medan, dan langsung menjadi festival jazz terbesar di  bagian Utara Sumatera.

Pada tahun ini, NSJF kembali digelar oleh Waspada eMusic (WEM) didukung sepenuhnya oleh indiejazzINDONESIA, dan disepakati akan memakai tagline yang lebih lebar. This is not only Jazz, Its wider than you all ever think about…! X-Culture-X, diambil dari Extreme – (Cross) Culture – Experiment. Dimana akan dikedepankan berbagai bentuk eksperimentasi yang lebih lebar dan lebih terbuka, such as no-barrier! Tapi tetap dalam koridor jazz, tentu saja.

Jelas akan membuat penasaran, seberapa ekstrimnya kah, persilangan eksperimen yang kelak akan disajikan nanti? Well, bersiap-siap saja. Yang jelas akan datang khusus untuk meramaikan NSJF di tahun ini, para musisi terkemuka internasional. Jamal Mohamed (Texas,USA), Jonathan Jones (Texas,USA), Steve Thornton (NewYork & Malaysia), Razak Rahman (Malaysia), Drum’N Wind (Texas,USA) dan Espen Eriksen Trio (Norway).

Mereka akan bersepanggung dan bahkan nanti akan bercampur baur, menghasilkan kolaborasi unik dengan para musisi ternama Indonesia. NSJF mengundang kelompok muda enerjik, Fusion Stuff. Selain itu juga sebuah kelompok jazz dalam bentuk yang akan ramai dan mengejutkan, Bintang Indrianto Trio++. Masih ditambah, vokalis dan pencipta lagu kenamaan, Rieka Roslan (The Groove).

Dan tentu saja akan hadir pula, wakil tuan rumah Medan sendiri. Para bibit muda dengan memakai nama North Sumatra Junior Jazz (NSJJ) serta tuan rumah, Erucakra Mahameru & C Man yang akan menyajikan repertoar-repertoar terbaru mereka yang pasti akan memanaskan suasana.

Tahun ini North Sumatra Jazz Festival Production juga mempersembahkan program TRIBUTE TO MILES DAVIS Feat STEVE THORNTON (Alumnus Miles Davis) dan RAZAK RAHMAN (Personil Steve Thornton AfroAsia Latin Band) dibawah arahan Erucakra Mahameru dan aransemen live oleh Steve Thornton, Razak Rahman, and Erucakra Mahameru & C Man

Drum’N Wind, adalah sebuah duo, yang telah bermain di pelbagai festival jazz dan world music di Eropa, Asia dan Amerika. Lalu Espen Eriksen Trio, sebuah trio yang telah memukau banyak sekali jazz lovers di berbagai Negara Eropa.

Espen Eriksen muncul pada acara BBC 2nya Jamie Cullum dan sejak itu menjadi grup Trio Jazz yang paling direkomendasi oleh Musisi Jazz asal Inggris Jamie Cullum.

Gaya unik dan fenomenal dari Trio Jazz Skandinavia yang disebut sebagai Melancholis Jazz (Jamie Cullum : “Jazz Skandinavia yang mengandalkan kekuatan Melodi…”) ini ternyata mempunyai power luar biasa seperti mengulang pengembangan gaya unorthodox Jazz Pat Metheny & Lyle Mays di akhir 80an.

Espen Eriksen membuka tur pertama dunianya di wilayah North Sumatra pada program terbaru NSJF2014 Production-North Sumatra Jazz Clubs juga tampil perdana di salah satu hotel berbintang di Sumatera Utara.

Kemudian tentu saja para musisi jazz Indonesia sendiri, seperti Fusion Stuff terdiri atas Krisna Siregar (Keyboards and Synths) dan Kadek (Electric Guitar) yang telah sukses menggetarkan publik Malaysia di ajang Youth International Jazz Festival minggu silam.

Sementara Bintang Indrianto Trio++, adalah trio-plus yang dipimpin bassis kawakan yang sangat eksploratif kreasi musiknya yaitu, Bintang Indrianto didukung gitaris yang juga produser banyak rekaman jazz dan pop, Denny Chasmala. Masih ditambah drummer muda yang sangat powerful dan enerjik, Iqbal! Belum cukup, mereka menyertakan pula pemain suling, gendang dan kendang! Bayangkanlah musiknya…

Rieka Roslan, yang selama ini dikenal sebagai vokalis kelompok jazz-pop atau dikenal di era 90an sebagai penulis lagi aliran Acid Jazz, the Groove dan anggota 5-Wanita nanti akan berkolaborasi yang mengagetkan dengan Erucakra Mahameru & C Man nya. Well, kembali bayangkan akan berbentuk apa hasil akhirnya nanti.

Sajian dengan aneka warna akan membuat variasi tema musiknya menjadi lebar. Sebuah pesta jazz yang dipastikan akan semarak, meriah dan tentu saja, bakal sayang kalau dilewatkan begitu saja oleh publik pencinta jazz dan musik-musik asyik di Medan dan Sumatera sebelah utara! NSJF hadir tetap dengan rancangan konsep tersendiri, yang membuat NSJF khas dan berbeda dibandingkan festival-festival jazz lain di Nusantara.

Itulah NSJF di tahun keempat penyelenggaraannya, di tahun 2014 ini. Akan digelar pada hari Sabtu, 21 Juni 2014, bertempat di Convention Hall – Hermes Place Polonia, Medan. Maka Medan, bersiap-siaplah….!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker