News

Kontrabas Milik Scott LaFaro Dihibahkan Kepada International Society of Bassists

Sebuah kontrabas yang dahulu dimiliki oleh Scott LaFaro (1936–1961), salah satu basis Bill Evans Trio, didonasikan oleh Barrie Kolstein kepada International Society of Bassists (ISB).

Scott LaFaro
Scott LaFaro

Scott meninggal oleh karena kecelakaan mobil yang menimpanya dan merupakan salah satu kehilangan terbesar di dunia jazz. Walaupun karir bermusik Scott hanya selama enam tahun, namun kontribusinya terutama pada permainan kontrabas saat itu menginspirasi banyak musisi setelahnya. Di samping bersama Bill Evans Trio, Scott bermain pula dengan sejumlah nama seperti Ornette Coleman, Stan Getz, Pat Moran, Tonny Scott dan Victor Feldman, di antaranya.

Kontrabas Prescott buatan 1825 yang telah direstorasi (foto dari kolstein.com)
Kontrabas Prescott buatan 1825 yang telah direstorasi (foto dari kolstein.com)

Kontrabas yang dimaksud adalah buatan Abraham Prescott di New Hampshire tahun 1825, yang dibawa Scott saat kecelakaan itu terjadi serta kondisi instrumen yang hancur. Kontrabas tersebut kemudian dibeli oleh ayah Barrie, Sam Kolstein, dari ibu Scott dan Sam berjanji untuk merestorasinya. Janji itu barulah terpenuhi di tahun 1988, setelah Barrie berhasil merestorasi total alat tersebut.

Sebelum diberikan kepada ISB, atas jasa Barrie juga kontrabas itu dapat kembali dimainkan, baik di atas panggung maupun rekaman. Tercatat, kontrabasis Marc Johnson dan Phil Palombi menggunakan kontrabas yang sama, dalam album Something for You: Eliane Elias Sings & Plays Bill Evans (Blue Note, 2008), dan Re: Person I Knew: A Tribute to Scott LaFaro (Le Goat Records, 2011).

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker