News

Tampil di Salihara, Duo Tohpati–Ubiet bawakan karya-karya Ismail Marzuki

Kerja sama antara Tohpati dan Ubiet adalah kerja sama antara dua genre musik atau bahkan lebih. Yaitu, kerja sama antara gitar dan alat-alat musik dawai petik berbagai ukuran di satu pihak dan vokal atau suara-suara manusia di pihak lain; atau kerja sama antara jazz dan nyanyian eklektik. Kedua belah pihak akan menggali berbagai spektrum musikal yang luas dalam ritme, metrum, melodi, harmoni, maupun tekstur dan warna bunyi.

Tohpati Ubiet Salihara_res

Pentas Duo Ubiet-Tohpati di Komunitas Salihara ini adalah pentas perdana yang menggarap kembali lagu-lagu karya Ismail Marzuki. Pentas ini digelar untuk merayakan 100 tahun kelahiran sang seniman. Dalam pentas ini mereka akan membawakan sejumlah lagu karya Ismail Marzuki yang sudah akrab di telinga kita, seperti “Selendang Sutra”, “Payung Fantasi”, “Gugur Bunga di Taman Bakti”, “Rayuan Pulau Kelapa” dan “Sepasang Mata Bola”.

Ismail Marzuki adalah seniman penggubah beragam jenis lagu—seriosa, perjuangan hingga keroncong—dan wafat di Jakarta pada 1958. Tahun ini 100 tahun kelahirannya dirayakan di sejumlah tempat oleh pelbagai pihak. Mulai dari pementasan kembali karya-karyanya, penerbitan biografi hingga seminar tentang sosok musisi yang namanya diabadikan sebagai nama pusat kesenian di Jakarta: Taman Ismail Marzuki.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker