News

Lathe of Heaven, debut leader perdana Mark Turner untuk ECM Records

Mark Turner, salah satu saksofonis yang dianggap paling berpengaruh di generasinya, siap luncurkan rilis perdana sebagai leader untuk label asal Jerman, ECM Records tanggal 9 September.

Sebelumnya, Mark Turner telah terlibat dengan ECM di beberapa terbitan, menjadi sideman untuk album milik Billy Hart, Enrico Rava, Stefano Bollani, dan Fly Trio bersama drummer Jeff Ballard dan kontrabasis Larry Grenadier.

Bertajuk Lathe of Heaven, Mark berkongsi dengan trumpeter Avishai Cohen, pemain bas Joe Martin dan Marcus Gilmore selaku penabuh drum. Formasi kuartet ini akan menampilkan sejumlah nomor orisinil yang menjanjikan kesegaran, penuh spontanitas dan sarat kejutan di dalamnya.

Mark Turner_LatheofHeavenCover_res

Menurut Mark perihal albumnya ini, “Kecuali untuk SFJazz Collective, saya banyak menulis untuk format trio, namun saya ingin menambah warna suara baru dalam komposisi saya,” ujar Mark. “Alih-alih menambah instrumen kordal, saya justru memasukkan trumpet, yang belum pernah saya lakukan. Menjadi persoalan ketika anda menulis untuk trumpet tanpa iringan kordal, karena harus teliti dalam membentuk harmoni dengan instrumen bas. Itulah tantangan yang ingin saya jawab,” tutupnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker