News

Jazz di Kebun Raya Bogor, pemanasan sebelum Bogor Jazz Reunion

Goes to Bogor Jazz Reunion 2014
Goes to Bogor Jazz Reunion 2014

 

Sejumlah meja dan kursi tertata rapi. Posisinya diletakkan di lantai yang berundak dari posisi bartender dan kasir. Pada bagian bawah diletakkan dua buah payung berwarna merah yang dilengkapi dengan lampu sorot, penerangan yang dimaksudkan sebagai aksentuasi ‘panggung’ Jazz dadakan. Kalau kita melihat kedepan, nampak kolam dengan lampu berwarna putih mengelilingi tepinya. Pohon-pohon raksana berada dibelakang panggung.

Itulah panggung Goes to Bogor Jazz Reunion yang diadakan pada Sabtu malam (11/10) di Green Garden Cafe (dahulu Cafe Dedaunan) Kebun Raya Bogor.

Duduk disebelah kiri maestro Idang Rasjidi, disebelahnya berdiri Shadu Rasjidi (elektrik bass). Iwan Wiradz (perkusi) dan Shaku Rasjidi (drums) menempati posisi disebelah kanan mereka. Ditengah-tengahnya ada microfon yang diperuntukan dua orang penyanyi.

Idang Rasjidi & Shadu Rasjidi
Idang Rasjidi & Shadu Rasjidi

Acara yang diorganise oleh Moksa Event Management ini dimulai pada pukul 19.00 wib. Udara lumayan sejuk, membuat suasana santai yang pas untuk menikmati musik Jazz, sambil ditemani minuman dan makanan yang hangat.

Idang Rasjidi memulai penampilannya dengan membawakan karya komposer asal Brazil, Eumir Deodato, “Sun Juan Sunset” bersama Shadu, Iwan dan Shaku. Turut serta Sastrani pada flute. Selepasnya ia berbicara dan memperkenalkan anggota band dan sedikit pengalaman mereka.

Menyusul berikutnya Idang memanggil penyanyi Kemala Ayu dan mengalirlah lagu “Norwegian Wood” milik The Beatless plus “Fool on the hill”. Vokalnya nyaman dinikmati dengan mengimbuh scat yang cantik.

Kemala Ayu
Kemala Ayu

 

Giliran Sastrani diundang untuk bernyanyi. Idang memperkenalkannya sebagai seorang soprano. Wanita asal Bali ini melantunkan Dibawah sinar bulan Purnama, sebuah komposisi milik Maladi. Karena rimbunnya pepohonan, sinar bulan purnama tak nampak dari sisi Panggung, terkecuali anda berjalanan ke arah parkiran dan menengok kearah timur. Malam yang sempurna tentu saja. Dilagu ini Idang memberikan kesempatan kepada ‘sideman’nya untuk bersolo. Percakapan menarik terjadi antara Iwan Wiradz dan Shaku Rasjidi.

Pada bagian akhir, sebuah nomor standard dituntaskan oleh Kemala Ayu lewat “The nearness of you”. Lagu milik Hoagy Carmichael dengan lirik yang ditulis Ned Washington pernah mencapai sukses besar lewat Glenn Miller Orchestra, dengan vokalis Ray Eberle.

***

Acara Bogor Jazz Reunion sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober 2014 bertempat di SKI Katulampa, Jl. Raya Katulampa No 6 yang merupakan kawasan wisata tas dan sepatu di Tajur, Bogor.

Bogor Jazz Reunion akan menampilkan Idang Rasjidi, Rieka Roslan & the Troubadour, Bertha, Mathew Sayerz, Kemala Ayu, Fanny Koentjoro, Agam Hamzah, Amelia Ong, Shadu Syah Rasjidi, Shakuhachi Rasjidi, Sastrani, Rio Moreno Quartet, Rudy Wowor, Lantun Orchestra, Gusti Hendi serta Adi Darmawan dari Ligro Trio.

Dua tamu internasional asal Malaysia yang akan turut mendukung adalah Steve Thornton dan Azmi Hairudin.

Tiket pertunjukan seharga Rp 50.000,- dan Rp 75.000 (harga pre-event) sudah bisa dibeli melalui website Bogor Jazz Reunion yaitu http://www.bogorjazzreunion.com/tickets/. Panitia menetapkan kenaikan harga untuk yang membeli pada hari H yakni sebesar Rp 75.000,- dan Rp 100.000,-

 

 

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?