News

Jazz and Blues, Menyambut pesta Jazz tahunan, Mahakam Jazz Fiesta

Suasana Jazz and Blues, Road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta
Suasana Jazz and Blues, Road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta

Di Juffe Cafe, Samarinda, mendadak disesaki dengan kerumunan masyarakat kota Samarinda yang menggemari musik Jazz dan musik Blues. Duduk dengan masing–masing rekannya untuk menyaksikan keahlian musisi yang ada di Samarinda. Dihadapan mereka terdapat sebuah panggung kecil yang berjejer sound system dan beberapa alat musik. Mereka meluangkan waktunya di malam hari demi menghadiri acara “Jazz and Blues” pada hari Jumat, 17 Oktober 2014 sebagai acara menyambut pegelaran musik Jazz tahunan yang ada di Samarinda, Mahakam Jazz Fiesta. Di tambah lagi malam itu cuaca yang bersahabat serta hawa sejuknya malam membuat mereka semakin menikmati alunan Jazz dan Blues sambil menikmati makanan dan minuman yang mereka pesan.

Acara yang diorganisir oleh Wartajazz dan Mahakam Jazz River ini berjalan cukup lancar, antusias penonton pun sangat baik, membuat para musisi yang mengisi acara pun semakin semangat untuk menghibur mereka. Penampilan pertama pun dibuka oleh Raffie and Friend, dengan membawakan lagu karya mereka sendiri, Free Line,dan Hope To The Rain, serta membawakan lagu dari grup musik legendaris Koes Plus yang berjudul Kujemu. Band yang diisi oleh beberapa musisi berbakat seperti Yusuf (guitar), Rafie (Drum), kemudian Rasvianda – yang akrabnya di panggil Papi (Bass) menjadi pembuka yang pas pada malam itu, penonton pun bertambah kekagumannya setelah mengetahui Rafie, anak dari Yusuf sang gitaris adalah drummer mungil yang masih berusia 7 tahun. Rafie menggebuk drum dengan lincah mengiringi rekan–rekannya.

Penampilan Raffie memainkan drumnya
Penampilan Raffie memainkan drumnya

Kemudian penampilan kedua diisi oleh band Jazz yang di isi oleh pemuda – pemuda musisi Jazz berbakat, Membawakan lagu Moving on miliknya Andien, Celebrate miliknya Lake, dan Treasure miliknya Bruno Mars. Membawakan alunan musik Jazz dengan cara mereka sendiri seolah menyihir penonton untuk tidak buru – buru meninggalkan Juffe Cafe, mengantarkan penonton dalam kenikmatan musik Jazz ke telinga mereka.

Ebony Teens saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta
Ebony Teens saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta

Baru sampai di kota asalnya yaitu Samarinda, Setelah mereka melakukan tour di kota Bandung. Seolah tak kenal rasa lelah, band yang diberi nama Don’t Think oleh para personilnya mengisi penampilan ketiga pada acara itu. Menunda rasa ngantuk penonton dengan hentakan musik Blues mereka, Band yang berpersonilkan Ozy (drum) Delly (Bass) dan Mekel (Gitar) Membawakan lagu George Benson yang berujudul Breezin dan Cut It Out miliknya Garry Moore. Pengalaman tour dan mengisi sejumlah acara di Bandung, diantaranya Classic Rock Cafe Bandung dan Margo Friday Jazz mampu menggemuruhkan Juffe Cafe dengan riuh tepuk tangan dari penonton.

Penampilan Don’t Think
Penampilan Don’t Think

Acara pun masih berlanjut, Penonton pun semakin bertambah banyak, serta antusias yang semakin meriah. Disuasana yang semakin ramai ini, kini giliran Tequila yang menghibur para penonton “Jazz and Blues”. Menambah suasana yang semakin asik ketika mereka membawakan lagu Red House nya Jimi Hendrix. Setelah itu mereka membawakan lagu yang para punggawa Tequila ciptakan sendiri dengan judul Get From My Face. Hasilnya, mereka berhasil menciptakan suasana semakin malam semakin asik.

Tequila saat  Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta
Tequila saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta

Penampilan selanjutnya pun langsung di isi oleh beberapa musisi profesional dari Samarinda yang kemudian bergabung menjadi Jazz Jizz Juzz, Band yang mampu menghipnotis penonton untuk betah lebih lama berada di Juffe Cafe. Penampilan pertama dibuka dengan lagu Cantalope miliknya Harbie Hancock. Kemudian mereka menuntaskan penampilan mereka dengan lagu dari Nat King Cole dengan judul Love.

Jazz Jizz Juzz saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta
Jazz Jizz Juzz saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta

Tidak ada alasan bagi penonton untuk buru – buru pulang walau semakin malam ketika Juffe Cafe di meriahkan dengan tiga lagu Blues nya Doni and Bluesman. Membuka penampilan dengan lagu karya dari Dony and Bluesman sendiri yang berjudul Memblusukan Hatiku. Kemudian menghibur para penonton dengan lagu One Haevy Night dan Driving Home Alone yang masing – masing milik dari grup band Gugun Blues Shelter.

 

Doni and Bluesman saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta
Doni and Bluesman saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta

Acara pun ditutup dengan penampilan dari Jonimson. Seolah ingin membuat penonton pulang dengan rasa puas, Jonimson yang diisi oleh musisi handal seperti Ozy (Drum), Delly (Bass) dan Fadlan (Keyboard) menampilkan performa terbaik mereka dengan membawakan tiga lagu pada malam itu. Penampilan dibuka dengan membawakan lagu dari grup Jazz legendaris Casiopea, yang berjudul Dazzling, kemudian di session kedua mereka membawakan Chameleon miliknya Harbie Hancock. Seolah kurang puas, mereka menutup penampilan dengan lagu ciptaan mereka sendiri dengan menggabungkan musik timur tengah dengan musik Jazz, hingga jadilah lagu yang mereka beri judul Joy Of Arabic. Aransemen yang nyaman membuat acara ditutup dengan suguhan musik Jazz yang berkualitas.

Jonimson saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta
Jonimson saat Jazz and Blues, road to 3rd Mahakam Jazz Fiesta

Naskah: Andre Wijaya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?