News

Paris terpilih sebagai tuan rumah International Jazz Day 2015

Setelah New York, Istanbul dan Osaka, kali ini kota Paris, Perancis dipilih UNESCO menjadi tuan rumah acara tahunan International Jazz Day yang diselenggarakan 30 April mendatang. Hal tersebut diumumkan oleh Herbie Hancock selaku UNESCO Goodwill Ambassador dan Dirjen UNESCO, Irina Bokova, Rabu lalu.

Awalnya, Paris terpilih karena sejarah kota itu dalam perkembangan jazz, menarik mundur hampir satu abad silam ketika Perang Dunia I pecah di Eropa dan jazz dibawa oleh serdadu Afro-Amerika di sana. Namun tragedi Charlie Hebdo dan pasar makanan Yahudi yang terjadi awal Januari lalu justru menambah makna International Jazz Day tahun ini, seperti diutarakan Herbie Hancock.

Markas Besar UNESCO, Paris (foto oleh Michel Ravassard)

Ia menambahkan, “Jazz telah menjadi sarana untuk menyatukan orang. Tanpa membeda-bedakan ataupun pilih kasih, jazz ada untuk seluruh umat manusia,” terang Herbie. “Kita sudah sepatutnya menyadari bahwa itulah yang membuat kita serupa, dan secara bersamaan menghargai perbedaan yang membuat kita unik satu dengan yang lain,” ujarnya.

Senada dengan Herbie, Irina mengatakan bahwa jazz lebih dari sekedar musik, jazz meliputi hak sipil, kemanusiaan, juga dialog lintas budaya. “Jazz menekankan pula tentang pentingnya kreatifitas dan kebebasan berekspresi,” jelas Irina.

Sejumlah musisi lintas negara akan meramaikan gelar jazz terakbar di dunia tersebut, antara lain A Bu, Antonio Faraò, Herbie Hancock, Till Brönner, Ibrahim Maalouf, Hugh Masekela dan Claudio Roditi, Dee Dee Bridgewater, Al Jarreau, Rudy Pérez, Dianne Reeves, Igor Butman, Ravi Coltrane, Femi Kuti, Guillaume Perret, Wayne Shorter, James Genus, Marcus Miller, Lee Ritenour, Terri Lyne Carrington, dan Grégoire Maret.

Konser utama akan digelar di Markas Besar UNESCO di Paris, dan dari bangunan bersejarah tersebut akan disiarkan ke seluruh penjuru dunia. Selain itu akan diadakan pula program edukasi dan sejumlah konser di 20 distrik kota Paris yang diorganisir oleh Thelonious Monk Institute of Jazz sebagai mitra penyelenggara.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker