Java Jazz FestivalNews

Balutan jazz tembang Nusantara UPH Conservatory Orchestra di Java Jazz Festival 2015

Penampilan kedua pada Java Jazz Festival 2015 hari pertama, Jumat (6/3) berada di Outdoor Stage 2. Tampak area penonton sudah dipenuhi sebelum pertunjukan dimulai. UPH Conservatory Orchestra memulai penampilannya pukul 16.45, dengan membawakan lagu awal yaitu “Bungong Jeumpa” dari Aceh. Pada penampilan kali ini, UPH membawakan tema Nusantara dengan memainkan lagu-lagu daerah dari Sabang hingga Merauke.

Foto oleh Griven/WartaJazz
Foto oleh Griven/WartaJazz

UPH Conservatory Orchestra merupakan orkes jazz dari Universitas Pelita Harapan, yang terdiri dari para mahasiswa dengan personel 10 instrumentalis dan tiga vokalis. Beragam alat musik seperti gitar, drum, violin, cello, kibor dan bas  iringi beragam tembang Nusantara yang dibalut dengan nuansa jazz petang itu.

Perjalanan lagu dimulai dari kawasan Sumatera lewat sajian “Bungong Jeumpa” dan “Kampuang nan Jauh di Mato” dari ranah Minang. Bergerak dari Sumatera, kemudian berpindah alunan menuju daerah Jawa. Terdengar lagu “Manuk Dadali” dari Jawa Barat lalu dilanjutkan dengan nomor tradisional Jawa Tengah yang terkenal yaitu “Gundul-Gundul Pacul.”

Foto oleh Akbar/WartaJazz
Foto oleh Akbar/WartaJazz

Dengan antusias, penonton menikmati garapan jazz atas lagu-lagu Nusantara tersebut. Tak berhenti sampai di Jawa, UPH Conservatory Orchestra meneruskannya dengan “Bolelebo” dari Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya adalah tembang “Cik Cik Periuk” dan “Ampar Ampar Pisang”asli Pulau Kalimantan, beranjak kepada melodi “Anging Mamiri” serta “O Ina Ni Keke” khas Sulawesi.

Sebagai penutup dari penampilan UPH Conservatory Orchestra kali ini, mereka menampilkan lagu daerah Papua yaitu “Apuse” dan “Yamko Rambe Yamko,” yang disambut tepuk tangan meriah dari penonton Java Jazz Festival 2015 atas upaya mereka dalam menghadirkan tembang-tembang Nusantara dengan sentuhan aransemen jazz. (Zakia Amalia/WartaJazz)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker