News

Ramsey Lewis

Ramsey-Lewis

Ramsey Emmanuel Lewis jr. dikenal juga sebagai Ramsey Lewis, merupakan pianis dan komposer jazz dari Ameika yang sudah mempunyai lebih dari 80 rekaman dan berprestasi mendapatkan anugerah tujuh “Gold record” dan tiga “Grammy Award” sepanjang karirnya. Meskipun saat ini telah berusia 80 tahun tapi masih aktif berkarya dan mengadakan sejumlah konser.

Sejak usia empat tahun Ramsey lewis sudah mulai belajar piano dan di usia 15 tahun ia sudah bergabung dengan sebuah band jazz yaitu Cleffs, inilah pengalama pertama dia bermain jazz dalam sebuah grup, setelah itu dia membentuk sebuah trio dan merilis album pertamanya “Ramsey Lewis and The Gentlemen Swing” pada tahun 1956. Grup ini terus berlanjut seiring waktu mereka juga memoles lagu-lagu mereka dengan warna pop alhasil di tahun 1965 lagu mereka “The In Crowd” menjadi hits dan masuk dalam top chart.

Di tahun 1966 lewis merupakan salah satu pianis jazz yang sukses secara nasional, di samping “The In Crowd” lagu lainnya “Hang On Sloopy” dan “Wade in the Water” juga masuk dalam top chart dan menjadi populer, dan single lagu-lagu tersebut terjual lebih dari satu juta copy dan mendapat anugerah “Gold Disc”.  Lagu-lagu mereka juga banyak menarik para penggemar musik non jazz, dan inilah strategi kesuksesan Lewis secara komersial.

Di tahun 70an Lewis mulai juga bereksplorasi dengan piano elektrik dan akhirnya menggabungkan antara permainan akustik dan elektrik piano.

Selain rekaman dan konser, Lewis juga merupan host suatu program radio yang digarapnya tahun 1990 yaitu “Legend of Jazz”. Dia juga host di program “The Ramsey Lewis Morning Show di radio WNUA, sebuah radio “smooth jazz” di Chicago.

Di tahun 2006 Lewis membuat program televisi “Legend of Jazz” yang disiarkan secara nasional, dengan bintang tamu para musisi jazz ternama seperti Dr. Lonnie Smith, Joey Defrancesco, Dave Brubeck, Chick Corea, Kurt Elling, Benny Golson, Pat Metheny dan Tony Bennett.

Lewis juga dipercaya sebagai direktur artistik “Jazz In Ravinia” yang meripakan bagian dari Festival Ravinia di Highland Park, Illinois dan membantu sebagi mentor di jazz program. Ramsey juga menjabat sebagai Dewan Pengawas untuk Merit School of Music, sekolah tinggi seni di Chicago.

Pada awal tahun 2005, Ramsey Lewis membentuk yayasan “Ramsey Lewis Foundation” untuk membantu anak-anak untuk masuk ke duania musik. Pada bulan Januari 2007, “Dave Brubeck Institute” mengundang Lewis untuk bergabung dalam “Honorary Board of Friends” di University of the Pacific di Stockton, California. Lewis juga seorang anggota Dewan Kehormatan dari Chicago Jazz Orchestra dan anggota dari persaudaraan “Phi Beta Sigma”. Pada bulan Mei 2008, Lewis menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Loyola Chicago.

Saat ini Lewis masih tinggal di Chicago, Illinois, kota akar musiknya dan masih aktif bergelut dengan musik juga kegiatan-kegiatan sosial dan amal.

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker