News

Graphicology, proyek “jazz visual score” dari Brussels Jazz Orchestra dan Philip Paquet

Sebuah cetak biru inovatif bertajuk Graphicology telah digarap oleh Brussels Jazz Orchestra (BJO) dan novelis grafik Philip Paquet. Ide utamanya adalah menggabungkan pertunjukan live dengan ilustrasi gambar dalam sebuah kesatuan cerita bunyi dan visual secara multimedia.

Musik yang dimainkan sejalan dengan konsep cerita bergambar sebagai alur cerita, enam komposer menuliskan masing masing satu gubahan yang tersinkronisasi hingga dalam hitungan detiknya. Tentunya hal tersebut hadirkan pengalaman unik bagi para penikmat jazz, dan dapat menjadi semacam pengantar untuk mengenalkan jazz kepada pendengar pemula.

BJO_Philip Paquet_Graphicology

Seperti dikatakan direktur artistik BJO, Frank Vaganée, “Cerita yang dibuat Philip [Paquet] memiliki awal, tengah dan akhir. Ada alur tertentu di dalamnya dan musik yang dimainkan selaras dengan gambarnya. Apa yang Anda lihat pada layar, terdengar pula di musik BJO dan begitu juga sebaliknya,” terang Frank.

Lebih dari 20 tahun berdiri, BJO merupakan sebuah orkes jazz yang kerap berkolaborasi lintas genre secara crossover. Dalam perjalanannya BJO seringkali hadirkan sesuatu yang tidak lazim dan penuh intrik. Untuk proyek Graphicology ini, BJO berkongsi dengan Philip Paquet, seniman gambar asal Antwerp yang banyak terinspirasi oleh jazz dalam karya-karyanya. Tak kurang dari empat album bertema jazz telah ia buat dan dikenal di seluruh dunia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker