News

North Sumatra Jazz Festival 2015 2015 bertema Jazzversity Culture!

north-sumatra-2015

Pada 2015 ini, Waspada EMusic yang kembali bekerjasama dengan indiejazzINDONESIA, menggelar North Sumatra Jazz Festival yang ke-5 kalinya, pada 11 April 2015 mendatang. Kali ini akan mengambil tempat di Grand Ballroom, Karibia Boutique Hotel, Medan. Dimana acara akan dimulai pada pukul 16.00 sore, teng!

Tentu saja, festival akan diarahkan lebih menghibur tahun ini. Dimana dimulai pada sore hari, sehingga lebih banyak grup band atau jazz-performers akan dapat kesempatan menghibur khalayak penggemar musik Medan khususnya, dan Sumatera bagian utara umumnya.

Para Talent pengisi NSJF di tahun ini adalah, para bibit muda jazzer Medan seperti Elnino (USU), Kalila Project (Unimed) dan Rio Riezky & the Band . Mereka Akan tampil pada sore hari, hingga jelang Maghrib.

Sementara selepas Maghrib, akan tampil para pengisi acara utama NSJF 2015 yang adalah selengkapnya Erucakra Mahameru & C Man, ikon jazz-rock terkemuka Medan dan Sumatera Utara yang sekaligus juga adalah ikon utama NSJF selama ini.

Akan tampil pula, bassis kenamaan, Roedyanto, dia adalah bassis dan pendiri kelompok fusion terkemuka ibukota yang berprestasi dunia, Emerald-BEX. Akan berkolaborasi bintang berbakat asal ibukota seorang performer new-comer yang punya potensi gede menjadi, “the Next Big Thing” di musik Indonesia.

Selain itu juga, the KadriJimmo. Sebuah grup progessive rock-fusion ternama ibukota. Grup ini dipimpin langsung oleh singin’-lawyer, sekaligus tokoh pergerakan musik progresif tanah air, Kadri Mohamad. Kadri dan Jimmo, akan menjadi frontline kelompok ini. Dan mereka akan didukung pula oleh, penyanyi dan penulis lagu kawakan, yang telah menghasilkan banyak hits di era 1980-1990an, Keenan Nasution.

Masih ada nama keren lain, yang diharapkan akan membuat NSJF 2015 ini menjadi semakin mempesona. Membuat NSJF kali ini, tak boleh dilewatkan begitu saja. Adalah Teza Sumendra. Penyanyi masa kini, jebolan Indonesian Idol di beberapa tahun lalu.

Dan nama internasional yang akan meramaikan NSJF 2015 ini adalah seorang drummer  Phil Yoon. Ia adalah drummer jazz generasi sekarang dari skena musik jazz Korea Selatan. Ia akan tampil bareng kwartet jazznya, membawa para musisi terbaik negeri ginseng itu. Phil Yoon Group  akan membuktikan, negerinya tak hanya piawaimenghasilkan para gerombolan boyband-girlband, yang mengguncang dunia dengan K-Pop nya!

Sungguh sebuah sajian lengkap, aneka warna, yang sangat menggoda untuk ditonton, didengar dan dinikmati! Para pengisi acara di atas, akan membuat NSJF 2015 tetap penuh warna, dimana jazz dipertemukan dengan banyak ragam musik lain, baik itu pop, rock, soul, RnB hingga blues.

Waspada eMusic bersama indiejazzINDONESIA sebagai penyelenggara NSJF berniat untuk teap menyajikan hiburan musik yang “baik dan perlu” bagi para penyuka musik di Medan dan sekitarnya, bahkan hingga kawasan Sumatera bagian utara. Mempertahankan NSJF sebagai kalender tetap city-event kebanggaan kota Medan.

NSJF terus diupayakan untuk tetap terjaga kontinuitasnya setiap setahun sekali. Dan tetap menjadi sebuah festival jazz dengan karakter dan bentuk yang khas, yang membedakannya dengan festival jazz lain di Nusantara. Maka sambutlah NSJF dengan penuh sukacita, seperti NSJF memang digelar dengan penuh optmisme, semangat dan juga kegembiraan kepada masyarakat seluruh masyarakat.

North Sumatra Jazz Festival 2015, Jazzversity Culture!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker