News

Gitaris blues legendaris BB King tutup usia

JazzExpression-02
B.B. King saat tampil di North Sea Jazz Festival 2009, Den Haag Belanda

Gitaris, penyanyi, penulis lagu blues yang berada di jajaran American Hall of Fame, Riley Ben King atau yang lebih dikenal dengan nama panggung B.B. King, meninggal dunia 14 Mei 2015 di usia 89 tahun karena komplikasi diabetes di Las Vegas, Nevada.

Ia lahir 16 September 1925 disebuah perkebunan kapas bernama Berclair dekat Itta Bena, Mississippi dari pasangan Albert dan Nora Ella King.

Pria yang dinobatkan oleh majalah Rolling Stone diposisi rangking ke enam sebagai 100 greatest guitarists of all time ini dikenal sebagai pria yang tak kenal lelah dalam karirnya. Setidaknya ia muncul lebih dari 200 kali konser dalam setahun sampai usianya 70an tahun. Bahkan dalam sebuah catatan diperiode tahun 1956, ia dilaporkan muncul dalam 342 show.

President George H.W. Bush menganugerahinya National Medal of Arts tahun 1990, sementara President George W. Bush mengganjarnya dengan Presidential Medal of Freedom 2006. Ia dikenal sebagai gitaris elektrik blues dan blues rock yang paling berpengaruh. Generasi gitaris dunia dari Eric Clapton hingga Stevie Ray Vaughan semua mendapat pengaruhnya. Sepanjang hidupnya, dia selalu membawa gitar Gibson yang diberinya nama Lucille

“Blues telah kehilangan rajanya, dan Amerika telah kehilangan salah satu legenda musiknya,” kata Presiden AS Barack Obama sembari menyatakan ia pernah menyanyikan sepenggal lagu bersama BB King yang berjudul “Sweet Home Chicago”.

“BB mungkin telah pergi, tapi kenangan dia akan selalu bersama kita selamanya. Dengan begitu, di surga saat ini akan ada panggung musik blues,” kata Obama lagi.

King menerima penghargaan Grammy yang ke-15 pada 2009 untuk albumnya One Kind Favor.

Semasa kecilnya, ia terbiasa bekerja di ladang kapas di Negara Bagian Mississippi, Amerika Serikat, tempat kelahirannya. King kemudian bekerja sebagai musisi jalanan pada 1940-an sebelum melejit menjadi bintang.

Mungkin anda bertanya darimana nama B.B. berasal. Jadi saat bekerja sebagai disc jockey disebuah stasiun radio R&B, ia mendapat julukan “Beale Street Blues Boy,” yang kemudian disingkat “B.B.”

WartaJazz pernah menampilkan foto B.B. King saat penampilannya di North Sea Jazz Festival 2009, Den Haag Belanda. Pameran Foto bertajuk Jazz Expression merupakan selebrasi ulang tahun WartaJazz di tahun 2009. Foto tersebut juga dipublikasikan oleh The Jakarta Post, sebuah harian berbahasa Inggris di Jakarta.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker