News

Hajatan besar WartaJazz & RICMA: Ramadhan Jazz Festival 2015

Ramadhan Jazz Festival 2015Seorang saxophonis Jazz kenamaan John Coltrane pernah berkomentar “When you begin to see the possibilities of music, you desire to do something really good for people”.

Quote saxophonis ini menjadi titik tolak penyelenggaraan Ramadhan Jazz Festival 2015 yang tahun ini memasuki penyelenggaraan untuk kali ke lima. Alhamdulillah, sukses empat kali menggelar Ramadhan Jazz Festival (RJF) sejak tahun 2011 lalu, WartaJazz bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) kini menjadwalkan kegiatan 5th Ramadhan Jazz Festival pada tanggal 26-27 Juni 2015 bertempat di halaman Masjid Cut Meutia Menteng ba’da Shalat Isya & Taraweh berjamaah.

Dalam temu pers yang digelar pada Senin (15/6) lalu, Agus Setiawan Basuni yang merupakan penggagas sekaligus Artistic Director, Ramadhan Jazz Festival dari WartaJazz mengungkapkan sejumlah nama yang akan menjadi pengisi acara RJF tahun ini antara lain Emerald, Lantun Orchestra, Rieka Roeslan, Rio Moreno, Beben Jazz, Inna Kamarie, Kuntoaji, Sore, Abdul & the Coffee Theory, Maliq & the Essentials White Shoes & The Couples Company, Yura Yunita dan Abenk Alter.

Setiap band yang tampil dijadwalkan akan membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa Jazz sehingga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang menonton atau hadir dalam kegiatan Ramadhan Jazz Festival.

Tahun lalu RJF dipadati kurang lebih 5000 orang hadir dan bersama itu, sekitar 2000 buku terkumpul dan telah disumbangkan.

Kali ini, panitia telah menetapkan mekanisme cara menonton. Anda bisa memilih berdonasi #CareForDisability yang merupakan kerjasama panitia bersama Yayasan Saba dan PMI untuk anda yang ingin mendonorkan darah. Alternatif lainnya adalahmenyumbang dana untuk program #AirUntukKehidupan bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Panitia telah menyiapkan besaran donasi mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 100.000,-

Kegiatan Ramadhan Jazz Festival merupakan gagasan WartaJazz, sebuah eco-system Jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Mahakam Jazz Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Bali Jazz Festival dan berbagai kegiatan lainnya.

RICMA merespon tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter akhir 2010 silam, untuk bekerjasama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda.

Kegiatan yang digelar ba’da Shalat Isya dan Taraweh ini kembali mengambil setting Plaza Masjid Cut Meutia, Menteng Jakarta Pusat, sekitar pukul 20.30 WIB dan terbuka untuk umum dengan mekanisme cara menonton seperti sudah dijelaskan diatas.

Ramadhan Jazz Festival merupakan laboratorium hidup bagi generasi muda untuk belajar dan saling menginspirasi anak-anak muda lainnya. Jazz pada hakikatnya adalah saling berbagi. Kepedulian adalah kata kuncinya. Krisis air yang mulai terjadi diberbagai tempat maupun semakin minimnya sumber-sumber mata air akibat perubahan iklim dan pemanfaatnya yang berlebihan.

Jika kita menyadari, Qur’an telah memberikan petunjuk bahwa semua hal tersebut adalah ujian, agar kita dapat terus memperbaiki diri sekaligus peduli dengan lingkungan disekitar kita. “…dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa…” (QS Al-Maidah : 2)

So, ingin jadi bagian dari sejarah, menikmati hiburan jazz sambil beramal?. Mari rama-ramai ke Masjid Cut Meutia. Anda yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan Commuter Line dan turun di Stasiun Gondangdia atau menggunakan Busway dan turun di Sarinah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close