News

Hiromi, Joe Lovano & McCoy Tyner tandai beroperasinya The Cotton Club Jakarta

Hiromi, Joe Lovano & McCoy Tyner
Hiromi, Joe Lovano & McCoy Tyner

Sebuat tempat kongkow baru bagi para penikmat musik jazz di Indonesia terutama yang berdomisili di Jakarta bernama Cotton Club Jakarta siap menjadi salah satu alternatif pilihan.

Berlokasi di Fairmont Hotel yang beralamat di Jalan Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Jakarta, klub yang masih satu grup dengan Blue Note Tokyo dan Motion Blue Yokohama ini akan mulai memperkenalkan programnya pada publik dengan mengundang dua grup jazz tersohor yang masing-masing akan mengisi panggung Cotton Club Jakarta.

Grup pertama yang mengisi program pada tanggal 27-29 Juli 2015 adalah Hiromi – The Trio Project bersama Anthony Jackson dan Simon Phillips. Setiap harinya ada dua shows yakni pada pukul 18.30 wib dan 21.30 wib.

Sedang grup kedua yang akan tampil tgl 30 Juli hingga 2 Agustus 2015 adalah McCoy Tyner & Joe Lovano dengan waktu pertujukan yang sama yaitu pukul 18.30 wib dan 21.30 wib. Penampilan duet “maut” McCoy Tyner – Piano dan Joe Lovano – Saxophone ini di Cotton Club akan ditemani Gerald Cannon – Bass dan Francisco Mela – Drums.

Namun demikian, tidak ada keterangan berapa biaya yang diperlukan untuk dapat menonton pertunjukan ini.

Jika anda tertarik menonton silakan langsung membuka website dari Cotton Club Jakarta.

***

Hirom Uehara, pianis jazz asal Jepang yang terkenal di Amerika Serikat pernah tampil di Indonesia setidaknya dua kali yaitu di Java Jazz Festival dan dalam kesempatan lain di NineMuses – klab jazz di bilangan Wijaya Jakarta Selatan.

Sementara McCoy Tyner & Joe Lovano memang belum pernah tampil di Jakarta. Saksofonis Joe Lovano bernama lengkap Joseph Salvatore Lovano, lahir di Cleveland, Ohio 29 December 1952 dan tumbuh dikeluarga yang sangat menyukai musik. Sang ayah, Tony, aka Big T, merupakan seorang pemangkas rambut pada siang hari namun menjadi pemain tenor sax jika malam tiba. Ia memastikan Joe mengenal musik jazz dan saxophone saat ia masih sangat belia. Tak heran kalau diusia lima tahun ia sudah mulai belajar memainkan alto sax dan kemudian beralih ke tenor beberapa tahun kemudian.

Saat belajar di Berklee College of Music, ia menemukan teknik modal harmony. Selama di Boston inilah ia bertemu dengan George Garzone termasuk sang pengajar Herb Pomeroy, dan Joe Viola.

Dua puluh tahun setelah itu, Berklee memberinya penghargaan Distinguished Alumni Award selain honorary doctorate di tahun 1998 dan The Gary Burton Chair for Jazz Performance di tahun 2001.

Sementara pianis jazz kawakan McCoy Tyner dapat dikatakan sebagai pianis paling berpengaruh dalam lima puluh tahun terakhir bersama dengan Bill Evans. Banyak pianis muda menggunakan dan mengadopsi teknis chord voicingnya.

Ia besar di Philadelphia, dan bertetangga dengan  Bud Powell dan Richie Powell. Ia bergabung dalam quartet bersama John Coltrane, bassist Jimmy Garrison dan drummer Elvin Jones yang melambungkan namanya.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker