News

Didukung Indro Hardjodikoro, Soukma Egas rilis album ‘self titled’

Indro Hardjodikoro dan Soekma
Indro Hardjodikoro dan Soukma

Bertempat di Naches Bar, Jl. Kemang Timur No. 60A,Jakarta Selatan pada Senin 31 Agustus 2015, penyanyi Sukmowati Dewi S atau akrab disapa Soukma merilis album yang sama dengan namanya atau lazim disebut ‘self-titled’.

Dengan karakter suara yang khas, Soukma di bantu oleh Indro Hardjodikoro sebagai arranger yang mengemas album Jazz ini secara apik.

Dalam sesi tanya jawab Indro yang juga merupakan leader dari grup The Finger menyebutkan bahwa ia memang berniat menggarap album dengan lagu-lagu daerah ataupun lagu-lagu lawas yang belakangan mulai jarang terdengar di kalangan anak muda.

Iqbal, Indro Hardjodikoro, Soekma dan Saat
Iqbal, Indro Hardjodikoro, Soukma dan Saat

Pertemuan Indro bersama Soukma terjadi beberapa tahun silam dalam sebuah sesi Klab 45 yang digagas Tjut Nyak Deviana Daudsjah di bilangan blok M. Beberapa kali pertemuan dan kolaborasi di atas panggung hingga membawa mereka pergi ke Rusia dan bermain di St Petersburg, Petrov Jazz Festival.

Intensitas pertemuan ini kemudian berujung pada digarapnya album solo Soukma yang memuat beberapa lagu daerah favorit seperti “Janger” dari Bali, “Cublak Cublak Suweng” dari Jawa dan lagu “Desaku” yang mengingatkan pada masa kecil, dimainkan secara indah. Sebuah lagu original “Detak Jantungku”, yang juga di artikan ke Bahasa Inggriss dengan judul “You Took My Heart“, ciptaan Indro Hardjodikoro dan Soukma yang menggabungkan unsur tradisional dan modern yang menceritakan tentang kehidupan melengkapi album yang dirilis oleh Dmajors ini.

Selain dibantu Indro Hardjodikoro, Soukma Egas juga dibackup sejumlah musisi muda antara lain Andi Gomez (keyboard), M. Iqbal (drums) dan sang peniup suling maut, Bang Saat Syah.

***

Menyanyi, bermain musik dan menari sejak belia,  Soukma yang lahir di Surakarta 15 Februari 1977 in i memulai karir menyanyi dengan mengikuti berbagai macam festival musik. Bergabung dengan band anak-anak pada tahun 1988 di Semarang, Jawa Tengah. Dan mulai menginjak usia remaja semakin  memantapkan posisinya sebagai vokalis putri yang berbakat, berhasil memenangkan beberapa penghargaan bergensi di ajang festival menyanyi Nasional.

Setelah pada tahun 1994 pindah ke Jakarta dan memulai karir menyanyi secara profesional. Soukma telah bergabung dengan berbagai band ternama dan, pentas dari cafe ke cafe, tempat hiburan, hotel berbintang di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Kecintaannya pada musik Jazz dan Blues pada akhirnya menjadi pilihannya, mengikuti festival-festival Blues dan Jazz di Indonesia dan panggung International.

Bertemu dengan para musisi senior Indonesia yang ataupun musisi International yang memberikan saran serta supportnya, membantu karirnya untuk terus berkembang menjadi musisi yang diperhitungkan.

Soukma dan Indro Hardjodikoro telah merencanakan tampil di Australia pada medio Oktober mendatang. Namun sebelumnya mereka akan tampil di ajang Maratua Jazz & Dive Fiesta 11-12 September 2015 mendatang di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker