News

MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2015 Sambangi Yogyakarta, Hadirkan Bonita dan MP3 TRIO

René van Helsdingen, Benny Mustafa, Kevin Yosua
René van Helsdingen, Benny Mustafa, Kevin Yosua

Sebuah pertunjukan jazz di atas bus baru saja menyinggahi kota Yogyakarta. Gelaran bertajuk MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2015 kali ini menyambangi penikmat musik jazz di Graha Strategic Seturan, Minggu (27/8) malam lalu.

Menghadirkan musisi kelas atas seperti René van Helsdingen, Benny Mustafa, dan Bonita, acara ini merupakan apresiasi terhadap musik jazz dalam konsep yang berbeda. Panggung kecil di atas bus yang digagas oleh René memberikan kesan baru bagi penonton, khususnya kaum muda yang memadati venue. Tampaknya misi menampilkan pertunjukan musik di keramaian merupakan alasan penyelenggara menggunakan bus besar sebagai ajang pertunjukan.

Keunikan acara ini bukan hanya terletak pada panggung yang digunakan, kolaborasi MP3 TRIO dengan Bonita juga tampilnya musisi lokal Jazz Mben Senen menjadi magnet tersendiri. René dan kawan dikenal dengan musiknya yang serius sedangkan Bonita dalah vokalis jazz yang jenaka dan sarat dengan pengaruh soul.

René van Helsdingen, Kevin Yousa, Bonita
René van Helsdingen, Kevin Yousa, Bonita

Something About Julie dan HRP Trio mewakili komunitas setempat dengan suguhan musik yang tak kalah menarik. Mereka seakan ingin menunjukkan kualitas musik kalangan komunitas yang patut untuk diperhitungkan. Hal ini juga nampaknya yang membuat penyelenggara menghadirkan band-band komunitas dalam rangkaian MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour 2015 ini.

Mereka memberikan wadah bagi band komunitas agar dapat berekspresi dan berinteraksi dengan musisi kelas atas yang didapuk penyelenggara. Sebuah usaha yang bagus untuk mengapresiasi jazz dan mengembangkan talenta-talenta muda.

Bagaimana dengan atmosfer pertunjukan? Tidak kalah dengan festival jazz lain, hanya saja antusiasme lebih banyak datang dari kaum muda. Padahal festival semacam ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menikmati jazz dalam konsep stage bus ini. Akhirnya, semoga gelaran serupa dapat diadakan kembali sebagai cara lain menampilkan jazz dan René tampaknya mengulang kesuksesannya menggelar Stage Bus lagi seperti beberapa tahun yang lalu. (Ari Kurniawati/WartaJazz)

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker