News

Saksikan MLD Jazz Project di Java Jazz Festival 2016

2016Feb-MLDJazzProject

Sadar akan perkembangan musik Jazz yang musisi dan penikmatnya kini didominasi segmen anak muda, MLDSPOT mengadakan satu ajang pencarian talenta muda di bidang musik yakni MLDARE2PERFORM dengan memberikan tiket emas kepada pemenangnya yakni tampil di Java Jazz Festival.

Setelah melalui proses pendaftaran yang dibuka dari tanggal 1 Desember hingga 17 Januari, MLDARE2PERFORM berhasil mendapatkan 350an peserta yang masuk di kategori Vocal, Gitar, Bass, Keyboard, Saxophone, dan Drum. Peserta ini terkumpul dari mereka yang upload sendiri ke www.MLDSPOT.com maupun pencarian bakat kesejumlah kantong-kantong ‘musisi’ yang mana penampilan mereka direkam dan dibantu upload videonya ke website MLDSPOT.

Dimulai dengan mengunjungi sekolah – sekolah musik ternama, seperti contoh di Jakarta antara lain Farabi, Purwacaraka, Yamaha Music School, Institut Musik Indonesia dan Yayasan Musik Jakarta.

Antusiasme peserta sangat terlihat dalam persiapan latihan sebelum penampilan mereka direkam.

Pendaftaran ini dibuka untuk seluruh peserta dengan usia minimum 18+ sampai 35 tahun dan terbuka untuk seluruh wilayah Indonesia hingga luar Indonesia. Para juri berkompenten-pun dihadirkan sebagai bentuk keseriusan MLDSPOT untuk mengkurasi peserta berbakat, mereka yakni Syaharani (Vocal), Nikita Dompas (Gitar), Adra Karim (Keyboard), Indro Hardjodikoro (Bass), Aksan Sjuman (Drum), dan Devian Zikri (Saxophone) untuk keseluruhan proses.

MLD Jazz Project
MLD Jazz Project

Tak hanya menyiapkan penampilan di JJF, MLDSPOT juga mengasah keterampilan pemenang dengan memberikan pengalaman tour performance di event Java Jazz on The Move pada 19 February, program TV musik Indonesia seperti The Comment di Net TV, Trio Lestari di Trans TV dan Musik Keren di ANTV, dan penampilan mereka juga bisa dilihat di Foodism Kemang dan Lot 9 Bintaro Tangerang.

Penjurian dilakukan secara tertutup pada 19 Januari yang mana ke 6 juri mencari serta memilih finalis paling berbakat dari masing – masing vocal atau instrument untuk datang ke Jakarta dan mengikuti Live Audition di Jakarta pada 28 Januari 2016. Para peserta yang terpilih dalam tahap Close Audition akan di berikan challenge membawakan lagu wajib yakni untuk vocal : Summertime,  gitar: James by Pat Metheny, Drum :The Cute by Neal Hefti, Bass :Chicken by JacoPastorious, Saxophone : Maputo by David Sunborn dan Keyboard :Driftin by Herbie Hancock

Tantangan berikutnya para finalis mengambil undian yang nantinya akan membentuk para finalis menjadi sebuah group dan membawakanlagu – lagu pilihan juri saat Live Audition dan pemenang yang berhasil terpilih yakni: Vocal : KiaraRiz, Jakarta, Bass : AgilNurpambudi, Jakarta, Keyboard : Michael Setiawan, Jakarta, Guitar : Mikail Cendekia, Surabaya, Saxophone : Rizal Feryanto, Yogyakarta, Drum : Karel William, Surabaya.

Finalis yang berhasil terpilih menjadi pemenang mendapatkan hadiah sebesar sepuluh jutarupiah serta mendapatkan workshop dan menikmati winner treatment ala MLDSPOT pada 29-30 Januaril alu. Keenam pemenang ini otomatis terpilih menjadi MLD JAZZ PROJECT. Workshop yang diberikan kepada para pemenang selama 2 hari diberikan dalam bentuk private session dengan juri berupa chit and chat seputar dunia musik dan hal – hal umum, jamming class, performance and stage learning dengan tujuan mempersiapkan pemenang menekuni dan menghadapi dunia musik Indonesia.

Selanjutnya MLD JAZZ PROJECT akan berkumpul kembali dalam tahap persiapan JJF pada akhir Februari. Pada perhelatan JJF 2016, MLDSPOT akan hadir dalam 2 stage yaitu MLDSPOT Stage dan Stage Buss Jazz Performance. Selain MLD JAZZ PROJECT, MLDSPOT juga akan menghadirkan ART & SOUND EXPERIENCE, yang merupakan hasil kolaborasi dengan para artists (seniman).

Sound experience yang interaktif disajikan di dalam sebuah Art Installation yang unik. Para seniman yang terlibat adalah Handoko Hendroyono (Content Creator), Hari Prast (Komikus), Farid Stevy (Art Artist), Darbotz (Art Artist) dan Jacob Gatot Sura (Architect).

MLDSPOT The Beat juga akan hadir sebagai fasilitas game yang menantang kemampuan Anda dalam menyusun lirik lagu. Merchandises yang menarik juga telah disiapkan bagi peserta yang mendapat skor tinggi.

Saksikan cerita selengkapnya hanya di www.MLDSPOT.com dan jangan lewatkan MLDJAZZ PROJECT di Java Jazz Festival 4 – 6 Maret 2016!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?