New ReleaseNews

LIGRO rilis album baru Dictionary 3

ligro-dictionary3LIGRO Dictionary 3 adalah serial ketiga dari album LIGRO bertajuk Dictionary. Tema dictionary diambil dari suatu pengertian bahwa “musik” adalah “bahasa”. LIGRO sebagai suatu kelompok musik dalam kreatifitasnya mengetengahkan suatu bahasa musik yang khas ala LIGRO, maka tema dictionary  mulai dari Dictionary 1 sampai 3 bisa diibaratkan sebagai “kamus” dari sejumlah “kosa kata” bahasa musik LIGRO.

Dari sekian banyak ulasan musik yang ditulis oleh beberapa media untuk LIGRO Dictionary 1 & 2, musik LIGRO dinilai sangat kental dengan muatan musik jazz, rock, dan etnik (Indonesia & India) yang diolah dengan cara pandang musik “kontemporer”.

LIGRO terdiri dari Gusti Hendy (Drum & Percussion), Adi Darmawan (Electric Bass), Agam Hamzah (Electric Guitar),  yang dalam era musik modern biasa disebut sebagai “Trio Rock”. Sebagai contoh dari pelopor Trio Rock di era 70-an antara lain seperti Jimi Hendrix Experience atau The Cream (trio-nya Eric Clapton).Bedanya LIGRO tidak menyuguhkan vokal.

LIGRO secara intens lebih mengembangkan eksplorasi instrumen dari masing-masing personilnya dalam bentuk komposisi dan improvisasi dengan gaya free form. Yaitu suatu gaya improvisasi yang sangat bebas, bahkan bisa dibilang ekstrim. Sehingga banyak  yang mengkategorikan musik LIGRO dalam jenis musik jazz rock free form. Bahkan ada yang menyebut metal jazz.

Bagi LIGRO sendiri penilaian media sesungguhnya tidaklah jauh berbeda dari apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh LIGRO dalam proses kreatifitasnya. Berbagai musik yang berkembang di era masa kini dari musik populer sampai musik kontemporer yang sangat serius, sudah tentu menjadi referensi dan pengaruh yang kuat bagi perkembangan musik LIGRO sendiri.

Album Ligro Dictionary 3 berisi 5 komposisi, antara lain 20 th Century Collaseu, Lonely Planet, Tragic Hero, Bliker 4 dan Pentagonal Krisis. Adi Darmawan menciptakan lagu-lagu tersebut, kecuali yang disebut pertama dan terakhir, digarap bersama oleh LIGRO.

Di lagu terakhir LIGRO bereksplorasi dengan “Gitar Slendro” rancangan dan buatan Pra Budidarma (Krakatau). Pada nomer ini LIGRO sepenuhnya berimprovisasi total berdasarkan suasana, nuansa, dan spirit yang keluar dari nada-nadaslendro.

Album LIGRO Dictionary 3 merupakan album terakhir dari serial Dictionary. Agam, Hendy dan Adi berharap album ini dapat diapresiasi oleh masyarakat luas sebagai bagian dari bahasa musik  “Universal”.

Anda yang tertarik mendapatkan album ini, tersedia di WartaJazz Online store. Anda dapat memesan dengan mengirimkan email ke sales @ wartajazz.net sertakan nama lengkap dan alamat serta nomor handphone anda.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker