FestivalNews

Jazz Atas Awan, Pagelaran Musik Ditengah Suhu 4 Derajat Celcius

 jazzatasawan (1)
Pagelaran musik jazz bertajuk “jazz atas awan’ kembali digelar di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah dalam rangka Festival Budaya Dieng Ke-7 pada tanggal 5-7 Agustus mendatang.
Menurut Budhi Hermanto (39) selaku penggagas pagelaran jazz atas awan, pada tahun ini pertunjukan dilangsungkan selama 2 (dua) hari karena banyaknya musisi yang berminat untuk bermain di pagelaran tersebut.
 jazzatasawan (3)
“Ada 84 kelompok musisi jazz menyatakan berminat untuk ikut meramaikan pertunjukan jazz atas awan tahun ini. Karenanya panitia penyelenggara memutuskan untuk menggelar dua kali pertunjukan jazz atas awan. Kalau tahun-tahun sebelumnya cuma ada 1 panggung.” Ungkap Budhi Hermanto.
Beberapa performer akan tampil di panggung jazz atas awan adalah Telsa Manaf, Jessika Lokollo, Bulan Jingga, Five Percent, Glanze, dan GNFI featuring Dawai. Mereka akan bermain pada tanggal 5 Agustus 2016, mulai pukul 19.00. Sedangkan Kikils, Jess Kidding, Secret Project, Absurd Nation, Kailasa, dan Srintil akan tampil pada tanggal 6 Agustus 2016, mulai pukul 19.00 WIB.
Menurut Budhi, akan ada musisi/artis Ibukota yang akan tampil di panggung jazz atas awan, tapi sengaja tidak dipublikasi sebagai kejutan bagi penonton jazz atas awan nantinya.
jazzatasawan (2)
Panggung jazz atas awan di Dataran Tinggi Dieng adalah panggung terbuka dengan latar belakang Candi Arjuna. Pada saat pertunjukan digelar, suhu diperkirakan antara 4-8 derajat celcius. Sehingga para penonton harus menyiapkan diri menghadapi suhu yang sangat dingin di Dieng. Karena dataran tinggi ini berada pada ketinggian 2180 meter diatas permukaan laut.
Panitia penyelenggara akan menyediakan ‘anglo’ yakni tungku tradisonal yang berisi kayu arang untuk membantu penonton melawan hawa dingin di Dieng. Rencananya juga akan disediakan kentang dan jagung, untuk dibakar oleh penonton yang telah memiliki tiket khusus DCF, sambil menonton pertunjukan musik. Kentang dan Jagung ini, hanya disediakan pada pertunjukan jazz tanggal 5 Agustus 2016.
Pada puncak pertunjukan musik jazz atas awan, akan ada gemerlap kembang api yang menghiasi langit Dieng pada tanggal 5 Agustus 2016, sementara pada tanggal 6 agustus 2016 puncak pertunjukan musik adalah gemerlap lampion. Panitia menyediakan 5000 lampion yang akan diterbangkan bersama-sama.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker