FestivalNews

Prambanan Heritage Jazz Festival 2016: Penghargaan Terhadap Warisan Budaya Bangsa

Idang Rasjidi saat konferensi pers Prambanan Heritage Jazz
Idang Rasjidi saat konferensi pers Prambanan Heritage Jazz

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) atau TWC sebagai pengelola World Heritage memiliki kewajiban untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang adiluhung khususnya Borobudur dan Prambanan yang telah diakui sebagai World Heritage oleh Badan Dunia UNESCO. Berbagai upaya dilakukan oleh TWC untuk membuat Candi Borobudur dan Candi Prambanan lebih dihargai sebagai warisan budaya oleh masyarakat.

Candi Prambanan yang terletak di Kota Yogyakarta, sebagian besar masyarakatnya memiliki ketertarikan yang kuat terhadap musik. Melihat animo masyarakat Yogyakarta yang tinggi terhadap musik Jazz, TWC berinisiatif menyelenggarakan pagelaran musik Jazz untuk memuaskan telinga para penggemar Jazz Tanah Air, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya.

Bekerjasama dengan NL Productions yang telah berbekal pengalaman dalam mengadakan event-event Jazz, pada tahun 2016 ini akhirnya TWC dapat menyelenggarakan event musik Jazz di Candi Prambanan bertajuk “PRAMBANAN HERITAGE JAZZ FESTIVAL 2016” pada 23 Oktober 2016 mendatang. Setelah sebelumnya event serupa juga dilaksanakan di Ratu Boko pada pertengahan tahun 2015 dan pada malam pergantian tahun 2015-2016 lalu di areal Lumbini kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Untuk mengulang kesuksesan pagelaran musik Jazz itulah TWC optimis untuk kembali menyelenggarakannya di salah satu warisan budaya dunia yaitu Candi Prambanan. Sederet musisi-musisi Jazz terbaik bangsa ini akan hadir memeriahkan panggung musik Jazz di Candi Prambanan. Diantaranya Erwin Gutawa Big Band (feat Afgan, Dira Sugandi, Diatas Rata-Rata), Tohpati and Friends, Trie Utami (feat Nita Aartsen), Shadow Puppets feat Harvey Malaiholo. Idang Rasidi dsb. Hal ini tentu saja menjadi salahsatu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Candi Prambanan.

Misi yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan event musik Jazz ini adalah untuk lebih memperkenalkan musisi-musisi Jazz Tanah Air serta membudayakan musik Jazz kepada masyarakat luas. Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi, TWC berencana untuk menjadikan penyelenggaraan event musik Jazz ini sebagai event rutin tahunan.

Segmentasi audience yang ingin dicapai oleh TWC dalam penyelenggaraan “PRAMBANAN HERITAGE JAZZ FESTIVAL 2016” ini adalah pengunjung dari kalangan ekonomi menengah ke atas dengan target usia antara 17 tahun – 55 tahun. Diantaranya pengunjung Candi Prambanan; kawula muda Magelang, Yogya, Solo, Semarang, dll; komunitas musik Jazz Yogya dan sekitarnya; wisatawan lokal (Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali) dan mancanegara serta masyarakat umum.

Selain event Jazz  TWC juga menyelenggarakan event “HERITAGE GOO WESS JAZZ” bekerjasama dengan GAMAGO UGM pada tanggal yang sama yaitu 23 Oktober 2016, dengna mengambil kegiatan pagi bersepeda dan siang sampai malam bisa menikmati   Jazz Performance dari  “PRAMBANAN HERITAGE JAZZ” Kegiatan GOO WESS mengambil start dari Candi Prambanan dan finish di Candi Borobudur. Event ini diselenggarakan dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan Candi Prambanan dan Candi Borobudur kepada masyarakat sekaligus menumbuhkan rasa penghargaan terhadap Warisan Budaya Bangsa. TWC telah berkomitmen bahwa selain melakukan pengelolaan wisata Candi Prambanan dan Candi Borobudur, TWC juga senantiasa mempertimbangkan aspek-aspek pelestarian terhadap Warisan Budaya Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Tentang  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero)

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam usaha pengelolaan obyek wisata candi

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker