News

Bassis Victor Bailey tutup usia

Victor Bailey
Victor Bailey

Victor Bailey – personil yang terakhir memainkan bass di grup Weather Report – dikabarkan meninggal pada pagi hari 11 November 2016 dalam usia 56 tahun karena telah lama menderita penyakit Charcot-Marie-Tooth, yang menyerang saraf periferal karena faktor genetik. Penjelasan tentang penyakit bahwa ia menyebabkan sakit di otot kaki, tangan, lemah otot atau kehilangan kemampuan merasakan.

Bailey lahir dan dibesarkan di Philadelphia, oleh keluarga yang dimana musik mengalir deras didarah mereka. Ayahnya, Morris Bailey, adalah seorang penulis, arranger dan produser penting untuk R&B periode 1960 dan 70-an, dan namanya bisa kita temukan pada Harold Melvin & the Blue Notes, Teddy Pendergrass, Nina Simone, Patti LaBelle, the Stylistics, Billy Paul dan Magic Blue.

Pamannya adalah Donald Bailey, seorang drummer favorit legenda organ Jimmy Smith. Victor sebenarnya mulai bermain sebagai drummer namun beralih ke bass belakangan ketika pemain bass di salah satu band remaja nya berhenti.

Bailey bermain bass akustik dan listrik di sekolah, dan melamar untuk bekerja di Angkatan Laut setelah lulus, namun ia ditolak karena asma tetapi diterima Berklee College of Music selama periode yang berisikan nama-nama penting (kini) dalam sejarah. Diantara teman sekelas Bailey yang Kevin Eubanks, Greg Osby, Branford Marsalis, Cindy Blackman Santana, Jeff “Tain” Watts, Frank Lacy, Terri Lyne Carrington, bassist Stu Hamm dan gitaris Steve Vai.

Lewat rekan lamanya Omar Hakim, yang merekomendasikan Bailey ke Joe Zawinul akhirnya ia bergabung dengan Weather Report pada tahun 1982, dan tetap di band ini hingga tahun 1986. Bailey muncul dalam album studio Procession, Domino Theory, Sportin’ Life dan This Is This!.

Karir Bailey juga bisa kita nikmati dalam banyak musisi non jazz seperti Madonna dan Lady Gaga.

Ia kerap merendah, “Aku bukan seorang musisi jazz; Saya memainkan semua jenis musik” ujarnya sekali waktu. Ia mendorong murid-muridnya di Berklee untuk berpikiran terbuka sementara juga mengembangkan teknik dan memperoleh pengetahuan dalam teori musik.

Selain bermusik, Bailey juga seorang pelukis terampil, yang karyanya terdapat di galeri dan salah satu karyanya menghiasi sampul album Charles Fambrough Upright Citizen.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker