News

Joey Alexander kembali dinominasikan untuk Grammy Awards

Joey Alexander - Countdown
Cover album terbaru Joey Alexander – Countdown

Pianis jazz muda asal Indonesia, Joey Alexander, kembali masuk dalam jajaran nominator Grammy Awards 2017 untuk kategori improvised jazz solo. Joey yang kini berusia 13 tahun disebut-sebut sebagai nomine terkuat untuk menyabet piala Grammy Awards 2017, lewat lagu Countdown dari album yang dirilis September lalu.

Dalam kategori itu, Joey bersaing dengan musisi-musisi jazz yang jauh lebih senior, seperti Ravi Coltrane (In Movement), Fred Hersch (We See), Brad Mehldau (I Concentrate On You), dan John Scofield (I’m So Lonesome I Could Cry).

Pada Grammy 2016 lalu, remaja pemalu itu menjadi nomine pada kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album.

Seperti yang diberitakan oleh NBC sejumlah musisi Asia lainnya juga masuk sebagai nomine Grammy Awards 2017 seperti pemain selo Yo-Yo Ma yang sudah mengoleksi 16 piala Grammy. Kali ini dia mendapatkan dua nominasi berkat kolaborasinya dengan Silk Road Ensemble dan rapper Brandon Paak Anderson.

Selain itu I’ll Sleep When I’m Dead, sebuah dokumenter tentang musikus Steve Aoki, juga menjadi nomine Grammy untuk kategori film musik terbaik.

Joey Alexander mulai mencuri perhatian musikus dunia setelah videonya beredar luas di YouTube. Setelah menyaksikan video tersebut, musikus jazz terkenal Whynton Marsalis mengundang Joey Alexander untuk tampil di acara Jazz at Lincoln Center pada 2014.

Album pertama Joey yang dirilis pada 2015, My Favorite Things, sukses bertengger di urutan 174 tangga lagu Billboard. Walhasil, Joey menjadi musikus Indonesia pertama yang masuk tangga lagu dunia bergengsi itu.

Penampilan Alexander pada Grammy Awards tahun 2016 mengundang decak kagum dan membuatnya mendapatkan standing ovation dan membuat dia menjadi bintang di malam itu.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker