News

Idang Rasjidi & the Red Code bersama TP Jazz Weekend gelar Tribute to Riza Arshad di Bandung

Musikus Jazz senior Idang Rasjidi akan tampil dalam sebuah konser Tribute untuk pianis Riza Arshad yang berpulang ke rahmatullah pada pekan lalu bersama Idang Rasjidi & the Red Code.

TP Jazz Weekend Bandung merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh The Papandayan Hotel Bandung setiap Jumat malam selain TP Jazz Festival yang selalu diadakan pada bulan Oktober setiap tahunnya.

Khusus untuk acara pada Jumat, 20 Januari 2017 ini, Idang Rasjidi memboyong para musisi yang terdiri dari Idang Rasjidi sendiri pada piano, Shaku Rasjidi (drums), Iwan Wiradz (percussion), Christopher (bass), Tyo Alibasjah (guitar) dan Umay (sax).

Hari Pocang salah satu panitia pelaksana kegiatan konser ini mengatakan pada WartaJazz, “Kita semua telah kehilangan seorang musisi sejati, komposer, yang penuh dedikasi. Sahabat yang hangat sering berbagi ilmu, penuh dengan ide-ide brilian dan rendah hati dan telah banyak berbuat untuk perkembangan musik jazz di Indonesia…Riza berpulang terlalu cepat…mempersembahkan penampilan khusus sebagai penghormatan dan terimakasih untuk Alm Riza Arsjad”.

Dalam kesempatan berbeda Idang Rasjidi yang dihubungi redaksi WartaJazz lewat sambungan telepon mengungkapkan, “Riza Arshad adalah sosok yang bersahaja. Ia memiliki kemampuan teknis dan intelektual yang mumpuni. Dekat dengan semua kalangan dan pemusik. Mengayomi, terutama yang muda-muda”.

***

Seperti sudah kami turunkan informasinya, Riza Arshad berpulang menghadap sang khalik pekan lalu di Bandung. Pianis kelahiran Jakarta 53 tahun yang lalu itu, dimakamkan di TPU Karet Bivak yang dihantarkan oleh sanak famili serta rekan-rekan musisi.

Riza Arshad adalah pendiri kelompok musik yang sangat dipuji para kritikus dan jurnalis jazz dunia, simakDialog bersama dengan sejumlah musisi lain seperti Arie Ayunir, Indro Hardjodikoro, Tohpati, Aditya Pratama, Endang Ramdhan, Cucu Kurnia hingga Rudi Aru dan Mian Tiara.

Bersama Arie Ayunir dan Yance Manussamma belakangan Aksan Sjuman, Ija – demikian sapaan akrabnya – juga membentuk Trioscapes. Plus banyak project-project lainnya.

Kepergiannya yang mendadak, tentu saja mengagetkan banyak orang.

simakDialog merupakan salah satu penampil yang menghiasi TP Jazz Festival 2016 lalu.

***

Idang Rasjidi menjelaskan bahwa ia akan mengusung konsep Modern Mainstream dengan membawakan karya orisinil yang dihiasi rhythm dari Afrika.

Anda yang tertarik menonton acara ini dapat langsung datang ke TP Stage di The Papandayan Hotel,  Jendral Gatot Subroto No. 83, Malabar, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40262 Telepon: (022) 7310799.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker