FestivalNews

Chick Corea Elektrik Band hiasi 13th Java Jazz Festival

Penantian panjang itu akhirnya berakhir. Komite Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2017 akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran maestro jazz pada piano, Chick Corea lewat formasi Elektrik Band-nya dalam jumpa pers yang digelar Rabu, 18 Januari 2017 di Plaza 89 Kemang, Jakarta Selatan.

Gitaris Nikita Dompas yang didapuk untuk urusan koordinator artis International di JJF 2017 mengungkapkan lineup pendukung formasi Chick Corea Elektrik Band akan terdiri dari Chick Corea (piano, keyboards), Dave Weckl (Drums), Frank Gambale (Guitar), dan Eric Marienthal (Sax). Posisi pada bass akan diisi Nathan East, salah satu pentolan grup Fourplay. Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang absennya John Patitucci yang merupakan pemain bass utama kelompok legendaris ini.

Penelusuran kami disitus resmi http://chickcorea.com/elektric-band/ hanya menjelaskan Gigs mereka di BlueNote Tokyo. Begitu juga dengan laman milik John Patitucci di http://johnpatitucci.com/gigs.html tidak memperlihatkan dimana ia beraktifitas pada tanggal saat Java Jazz Festival 2017 berlangsung.

Namun demikian, tetap saja kita harus berikan acungan jempol pada Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2017 yang akhirnya berhasil memboyong grup kesohor ini selain beberapa nama penting dalam dunia jazz lainnya.

“Seperti sebuah reformasi, dimana setiap orang berkeinginan untuk bermain bersama, “kata sang maestro. “Saya pikir ini akan menjadi hal yang menarik, untuk mengambil beberapa teman yang telah jalan bersama, melalui enam proyek album dan tur di seluruh dunia, dan berkumpul lagi untuk membuat kreasi baru. Itu tidak biasanya dilakukan, “tambahnya. “Anda [akan] mendapatkan [band] reunian, dan tak hanya itu akan ada karya baru juga. Ini seperti bola salju” tambah pria berkacamata ini.

Chick Corea lahir 12 Juni 1941 – saat ini berusia 75 tahun – memiliki nama di asli Armando Anthony “Chick” Corea, lahir di Chelsea, Massachusetts, merupakan salah seorang pianis jazz asal Amerika Serikat.

Ia termasuk pianis yang muncul di era 60-an, dan termasuk pembawa warna baru pada dunia piano jazz di modern yang amerika. Permainan pianonya terdengar memiliki ciri khas. Gaya bermainnya termasuk yang paling banyak ditiru setelah Bill Evans, Keith Jarrett, McCoy Tyner dan Herbie Hancock. Komposisi ciptaannya yang berjudul “Spain” merupakan salah satu karya yang menjadi jazz standard dan populer sejak tahun 80-an.

Album yang pernah dirilis antara lain The Chick Corea Elektric Band (1986), Light Years (1987), Eye of the Beholder (1988), Inside Out (1990), Beneath the Mask (1991), Elektric Band II: Paint the World (1993), To the Stars (2004).

Selayaknya band jazz yang memiliki pergantian personil, formasi Chick Corea Elektrik Band pun sempat berganti-ganti. Musisi seperti Victor Wooten, Scott Henderson, Carlos Rios, Gary Novak, Jimmy Earl, Mike Miller, Jamie Glaser, Mike Pope, dan Ric Fierabracci pernah mendukung kelompok ini.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker