News

Sting dan Wayne Shorter dianugerahi Polar Music Prize 2017 Swedia

Polar Music Prize 2017 diberikan kepada penyanyi, musisi dan komposer Sting, yang bernama asli Gordon Sumner, dari Wallsend di Northumberland.

Pria yang dibesarkan di sebuah kota galangan kapal di timur laut Inggris ini dikenal sebagai anggota dari trio The Police, dan kemudian sebagai artis solo, Sting tidak pernah duduk manis dan beristirahat setelah pencapaiannya. Ia terus berkarya dan jangkarnya di pelabuhan musik melebihi banyak seniman lain dari generasinya.

Sebagai komposer, Sting telah menggabungkan pop klasik dengan virtuoso musisi dan keterbukaan untuk semua genre dan suara dari seluruh dunia. Sting adalah seorang warga negara sejati dunia, yang juga telah kenal lelah dalam menggunakan posisinya sebagai seniman arena-mengisi untuk mempromosikan hak asasi manusia.

Sementara Wayne Shorter juga mendapatkan Polar Music Prize 2017, karena baginya musik adalah sarana belajar lebih banyak tentang semua aspek kehidupan dan alam semesta. Dia memiliki dirinya tepat menggambarkan karyanya sebagai “pengeboran kebijaksanaan”. Dengan soprano dan tenor nya saksofon ia adalah seorang penjelajah.

<iframe width=”800″ height=”450″ src=”https://www.youtube.com/embed/t3fvFVIfeug” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Berasal dari Newark, New Jersey, musisi dan komposer Wayne Shorter terus-menerus mencari jalan yang tak lazim. Wayne Shorter telah ambil bagian dalam kelompok zaman pencetak sejarah seperti Art Blakey’s Jazz Messengers, Miles Davis’s Second Great Quintet and Weather Report.

Dia telah bermain di banyak album bersama Joni Mitchell. Sebagai artis solo ia telah membuat album selama enam dekade, dan ia telah menulis sejumlah komposisi paling abadi dalam sejarah jazz. Tanpa eksplorasi musik dari Wayne Shorter, musik modern tidak akan tergali begitu dalam.

***

The Polar Music Prize didirikan pada tahun 1989 oleh almarhum Stig “Stikkan” Anderson, seorang legenda sejati dalam sejarah musik populer Swedia. Stig Anderson adalah penerbit, penulis lirik dan manajer dari ABBA, dan ia memainkan peran kunci dalam sukses besar mereka. Nama hadiah berasal dari label rekaman legendaris Anderson, Polar Music.

The Polar Music Prize merayakan kekuatan dan pentingnya musik dan diberikan kepada individu, kelompok atau lembaga untuk pengakuan internasional keunggulan dalam dunia musik.

The Polar Music Prize adalah dua penghargaan setara Nobel untuk merayakan musik di semua berbagai bentuk dan untuk menekankan maksud utama dari Polar Music Prize, untuk memecah batas-batas musik dengan membawa semua orang dari dunia musik yang berbeda.

Dewan Polar Prize Music Foundation terdiri dari wakil-wakil dari keluarga Stig Anderson, SKAP (The Swedish Society of Songwriters, Composers dan Authors) dan STIM (Swedia Performing Rights Society). Tugas meneliti nominasi yang diajukan dan memilih para pemenang utama diberdayakan The Polar Music Award Komite yang terdiri dari seniman internasional terkenal dan musisi serta tokoh-tokoh kunci lainnya di industri musik Swedia.

Beberapa peraih penghargaan ini sebelumnya antara lain, Yossou N’Dour, Yo-Yo Ma, Björk, Peter Gabriel,  Sonny Rollins, Gilberto Gil, B.B. King, Bob Dylan, Stevie Wonder, Quincy Jones, Dizzy Gillespie dan Keith Jarrett.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker