News

Youth Jazz Showcase Series edisi Mei hadirkan 5 Petani, Samonai dan gitaris Robert Mulyarahardja

Youth Jazz Showcase Series Mei 2017
Youth Jazz Showcase Series Mei 2017

Untuk yang kesekian kalinya WartaJazz bekerjasama dengan @america, Pusat Kebudayaan Amerika Serikat di Jakarta, mengadakan kegiatan Youth Jazz Showcase Series dengan menghadirkan band jazz muda Indonesia.

Adapun yang mendapat giliran kali ini adalah dua band yaitu 5 Petani dan Samonai dengan tamu komentator gitaris, arranger dan komposer Robert Mulyarahardja.

Kegiatan ini akan berlangsung pada hari Selasa, 30 Mei 2017 mulai pukul 19.00 hingga 20.30 wib bertempat di Lt 3, Mal Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, Jakarta Selatan.

@america memberi prioritas kepada pengunjung yang datang pertama untuk duduk sesuai batasan ruangan yang ada. Dikarenakan keterbatasan kapasitas serta untuk menjaga keselamatan kalian, kami tidak bisa selalu menerima semua pengunjung. Untuk pengunjung tidak dapat masuk, kami memohon maaf dan mengingatkan kalian bahwa acara di area performance kami juga disiarkan secara langsung di www.atamerica.or.id/video.

 ***

5 Petani terdiri dari Frank Navayo Pattinasarany (guitar),  Fauzan Rijal (bass), Yoga Wardana Kusumah (guitar accoustic), Gerson Valdo Siahaan (keyboard), dan Arbi (drum) dengan pemain tambahan Rezki Delian (Perccusion), Hilmi (Flute & suling), serta Yudha Rahadyan (Saxophone).  5 Petani terbentuk pertengahan 2014 dari sebuah pertemuan di jamming pada kegiatan rutin  komunitas Butterfield Jazz Society di Bandung.

Samonai terdiri dari Joe Jerabu (Gitar, vocal), Gaspar Araja (Sasando, gitar, vocal), Madra Primana (Piano) dan Gilang (Kendang) sebagai pemain tambahan. Nama band ini diambil dari bahasa flores yang bermakna anugerah dari tuhan. Terbentuk akhir 2015, atas inisiatif seorang gitarisnya. umumnya mereka membawakan lagu-lagu jazz standar dengan komposisi milik Charlie parker, west Montgomery, Chick Corea dll. Belakangan ini dalam setiap penampilannya mereka lebih sering membawakan lagu-lagu tradisi dari daerah flores yang sudah diaransemen tambahan unsur-unsur jazz.

Robert Mulyarahardja adalah seorang gitaris jebolan Berklee College of Music (2008) mengambil konsentrasi Degree in Performance, membuatnya matang dalam bermusik. Pentolan dari kelompok Shadow Puppets selain juga aktif dalam berbagai formasi lain, dan telah merilis sejumlah album antara lain Robert M.R. Quartet – “Gratitude” (Demajors), album “Piano Duet Gitar Riza Arshad dan Robert MR” (2014), NKRO Quartet – “Blues for Willarene” (2014), “Up There” (2014), “Contradiction” (2014).

***

WartaJazz akan terus berupaya agar talenta-talenta muda dalam dunia Jazz Indonesia dapat tampil di Youth Jazz Showcase Series ini. Sejumlah band lain yang pernah tampil di acara ini antara lain Paroeh Waktu, Griya, Keubitbit, Noah Revevalin Trio, New Equinox, WFR, Batman Quartet dan banyak lagi lainnya.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?