FestivalJazzTrafficNews

Jazz Traffic Festival 2017 Usung Tagline ‘Souls of Freedom’

Jazz Traffic 2016
Jazz Traffic 2016

Jazz Traffic Festival (JTF) 2017 kembali hadir. Mengusung tagline “Souls of Freedom”, JTF 2017 ingin menarik benang merah tapak sejarah seperti opini pianis dan komposer jazz Dave Brubeck: “Jazz Stands for Freedom”.

Meski mengusung label jazz, JTF 2017 tetap konsisten memerdekakan dirinya dengan menyediakan panggung bagi genre musik pop, rock, world music, etnik, Electronic Dance Music (EDM) hingga musik yang sekadar beraroma jazz, dan ekstrak jazz murni. Perhelatan Jazz Traffic Festival 2017 pada 18-19 Agustus di Grand City Surabaya, atau sehari pasca peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, juga menjadi spirit tersendiri bagi kebhinekaan Indonesia dalam kemerdekaan hidup setiap warganya.

Spirit kemerdekaan inilah yang akan ditangkap dalam dua hari JTF 2017 bersama lebih dari dari 200 musisi. Mereka yang akan tampil di antaranya adalah Indra Lesmana Keytar Trio, dan JOC yang akan mewakili jazz mainstream; kemudian Yura Yunita pada genre fusion jazz (Genre campuran) serta Virgoun dan Sheila on 7 pada genre non jazz. Jazz yang lebih futuristik juga akan ditampilkan di JTF 2017 ini dengan datangnya Budjana Zentuary. Selain itu, lebih dari 200 musisi yang tergabung dalam 40 perform juga akan memeriahkan JTF 2017 kali ini.

Sekadar diketahui, JTF 2017 tidak bisa dilepaskan dengan program Jazz Traffic di Radio Suara Surabaya yang telah mengudara sejak tahun 1983 dimana sejak saat itu Jazz Traffic tidak hanya memutar musik-musik jazz di radio, melainkan juga memberikan apresiasi dan edukasi terhadap musisi jazz. Hasilnya, saat ini mulai tumbuh musisi-musisi lokal yang berkiprah di dunia jazz. Festival-festival jazz saat ini juga tumbuh subur di berbagai daerah. Di JTF inilah, mereka diwadahi dan diberikan panggung untuk mengapresiasi kemampuan bermusik.

Sementara itu, jika di JTF sebelumnya hanya ada tiga panggung utama di tiga venue berbeda. Pada JTF 2017 kali ini, jumlah panggung utama akan ditambah menjadi empat yaitu satu panggung di Convention Hall lantai tiga (indoor), satu panggung di Exhibition Hall lantai dasar (indoor) dan dua di area parkir (outdoor). Pada hari pertama, Jumat 18 Agustus 2017, panggung JTF 2017 bakal dimeriahkan penampilan Sheila on 7, Teza Sumendra, Drummer 3G, Indra Lesmana Keytar Trio, Efek Rumah Kaca, Endah and Rhesa, Elfa’s Singers, Yura yunita, Mocca serta beberapa artis lainnya. Kemudian di hari kedua, Sabtu 19 Agustus 2017 musisi yang bakal tampil antara lain Virgoun, Dwiki Darmawan Pasar Klewer feat Sruti, 2D (Deddy Dukun dan Dian Permana), Budjana Zentuary, Anji, Sheila and The Upmost, Stars and Rabbit, Barasuara, Lala Karmela, JOC,  Elfa`s Singers, Sammy Simorangkir, Beben Jazz, Float dan artis lainnya.

 

Bagus Kristomoyo

Jazz-holic and Frame-chaser

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker