News

Workshop Gulir Bunyi – program edukasi musik kolektif bersama Dion Janapria

Musik sebagai sarana interaksi sosial dalam kehidupan manusia melalui medium bunyi dan suara, kadang sudah terlembagakan dan terbakukan sedemikian rupa sehingga kita mengabaikan esensi rasa dalam musik; bahwa mendengarkan, mengapresiasi, dan bermain musik merupakan pengalaman batin yang berproses melalui tindakan-tindakan imajinatif-kreatif.

Learning music through experience and performing merupakan esensi yang melatarbelakangi aktivitas Gulir Bunyi sebagai tawaran alternatif pembelajaran musik partisipatoris, yang dibingkai dalam konsep-konsep improvisasi musik. Kegiatan ini dilakukan melalui group workshop yang menekankan kaitan improvisasi dan imajinasi sebagai elemen penting dalam proses penciptaan musik melalui konsep-konsep pembelajaran yang cair, sehingga bisa diikuti oleh peserta yang tidak membaca notasi musik ataupun bermain instrumen.

Gulir Bunyi menggunakan dekonstruksi elemen-elemen musik seperti bunyi, motif, dan fragmen melodi yang dilakukan melalui ragam aktivitas dan permainan dalam grup (i.e Flashcards, Pass The Ball, Follow The Leader, Free for All, etc), yang mendorong peserta untuk terlibat dalam proses kreasi musik kolektif yang dilakukan secara spontan, intuitif dan dialektik.

Singkatnya Gulir Bunyi adalah sebuah program edukasi fast learning yang menawarkan pelatihan kreasi musik dalam format group workshop, yang menekankan olah kreativitas, kerja sama dan imajinasi melalui aktivitas improvisasi musik.

Gulir Bunyi akan dipimpin instruktur alumni dari Hogeschool voor de Kunsten Utrecht, Belanda Dion Janapria B.Mus

Kegiatan menarik ini akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2017 mulai pukul 19.00 – 21.00 wib bertempat di iCanStudioLive Jl. Erlangga V no. 14 Kebayoran Baru Jakarta Selatan dengan biaya partisipasi kegiatan sebesar IDR 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) dan sudah termasuk T-shirt.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran silakan menghubungi 0813-8762-5512 atau 0838-1330-5041

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker