FestivalNews

Ngayogjazz 2017 Usung Tema “Wani Ngejazz Luhur Wekasane”

Nara Sumber Jumpa Pers Ngayogjazz : Christian Gaujag (IFI), Garin Nugroho (Sutradara, Budayawan), Bambang Paningron (Ngayogjazz), Siswandi (Desa Kledokan)
Nara Sumber Jumpa Pers Ngayogjazz : Christian Gaujag (IFI), Garin Nugroho (Sutradara, Budayawan), Bambang Paningron (Ngayogjazz), Siswandi (Desa Kledokan)

Pagelaran jazz tahunan bernuansa kerakyatan, Ngayogjazz, akan kembali hadir di tengah riuh rendah pertunjukan musik di tanah air. Rencananya, perhelatan ini akan diselenggarakan pada Sabtu (18/11) esok di sebuah dusun yang berdekatan dengan Candi Prambanan, yaitu Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman. Pada gelaran ke-11 kali ini, Ngayogjazz akan mengusung tema  “Wani Ngejazz Luhur Wekasane” yang bertujuan mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mengapresiasi jazz, tidak hanya bermain, namun juga hadir, menonton, dan mendengarkan para penampil yang unjuk aksi.

Pedusunan kembali dipilih karena alasan historis dimana letaknya tidak jauh dari sebuah monumen bernama Tanah Plataran. Aspek hitoris ini pula yang menginspirasi penyelenggara untuk menamai lima panggung dengan “Doorstoot”, “Gerilya”, “Markas”, “Serbu”, dan “Merdeka”.

Rencananya akan hadir sejumlah penampil dari berbagai genre yang akan meramaikan jalannya acara,  diantaranya Endah n Rhesa, Jeffrey Tahalele & Friends, Bintang Indrianto, Bianglala Voices, Sri Hanuraga Trio ft Dira Sugandi, Bonita, Gugun Blues Shelter, dan tak ketinggalan musisi asal Perancis Rémi Panossian Trio serta komunitas-komunitas jazz dari seluruh penjuru nusantara. Tak hanya itu pengunjung juga akan disuguhi dengan kesenian tradisional ala dusun Kledokan yakni kirab Bregada Gotri Seloaji dan gejog lesung Tjipto Suoro.

Hal menarik lainnya dari gelaran kali ini yaitu pengunjung diharapkan membawa buku tulis atau buku gambar sebagai pengganti tiket masuk. Penyelenggara yang bekerja sama dengan komunitas Jendela bermaksud menyumbangkan buku-buku tersebut kepada anak-anak kurang mampu di seluruh pelosok tanah air. Bagi anda yang tertarik untuk menikmati pagelaran jazz ini, silahkan datang beramai-ramai ke dusun Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman. Wani Ngejazz Luhur Wekasane!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker