News

Jazzahead! 2018 dibuka dengan penampilan band terbaik dari negara mitra Polandia

Grzech Piotrowski World Orchestra buka Jazzahead! 2018 Photo ©Christian Weiss / World Orchestra
Grzech Piotrowski World Orchestra buka Jazzahead! 2018 Photo ©Christian Weiss / World Orchestra

Skena Jazz Polandia di tampilkan di Bremen

Polandia akan menjadi jantung jazzahead! 2018 sebagai negara mitra, dimulai dengan upacara pembukaan resmi jazzahead! 2018 pukul 5 sore ini, tanggal 19 April, yang juga mencakup konser singkat oleh lebih dari 20-piece World Orchestra: Sebuah orkestra simfoni dan ansambel jazz-etno digulirkan menjadi satu, menampilkan instrumen yang jarang terdengar – kaval, duduk dan kantele di antara yang lain.

“Musik adalah satu-satunya bahasa universal planet kita,” kata pemimpin band Grzech Piotrowski. Ansambelnya akan membawa para penonton dalam perjalanan singkat – yang akan tetap penuh emosi, kehalusan dan magis.

Dimalam pembukaan, setidaknya delapan band terbaik bakal menunjukan kebolehan mereka di tiga panggung berbeda. Masing-masing menunjukkan vitalitas dan keragaman skena Polandia saat ini. Band-band terkenal seperti Trio Marcin Wasilewski akan muncul di samping trio bintang muda saksofonist muda Kuba Wieçek. Di Hall 6 yang menjadi tempat negara mitra tahun ini dengan ruang yang berdekatan, Adam Mickiewicz Institute juga mengundang siapapun yang tertarik mengetahui skena Jazz Polandia.

Polandia memiliki tradisi jazz yang panjang, seperti yang akan terlihat dari sebuah pameran halaman sampul dan gambar dari Jazz Forum, majalah jazz tertua Polandia, yang telah dicetak sejak 1965. Konser gala pada tanggal 20 April di Die Glocke menampilkan bintang Anna Maria Jopek dan Leszek Możdżer dan Maciej Obara Quartet sebagai artis utama dari program ini, bakal direkam oleh Deutschlandfunk Kultur untuk siaran radio pada minggu-minggu berikutnya.

Adapun kedelapan band yang dimaksud adalah Atom String Quartet, High Definition Quartet, Joanna Duda Trio, Kamil Piotrowicz Sextet, Kuba Więcek Trio, Marcin Wasilewski Trio, Monika Borzym dan Piotr Damasiewicz/Power Of The Horns.

jazzahead! selalu memilih negara mitra setiap tahunnya. Para negara mitra sebelumnya yaitu Finlandia (2017), Swiss (2016), Prancis (2015), Denmark (2014), Israel (2013), Spanyol (2012) dan  Turki (2011).

Selain program Partner Country atau negara mitra, Jazzahead! juga menyajikan sejumlah program unggulan lain yakni German Jazz Expo – menampilkan delapan band asal Jerman yang diunggulkan, European Jazz Meeting – menampilkan enam belas band unggulan dari skena jazz Eropa dan Overseas Night yang memiliki jatah delapan band dengan identifikasi negara diluar Eropa.

Tahun ini band yang mengisi Overseas Night terdiri dari Aca Seca Trio (Argentina), Freedoms Trio (Brasil/NO/MZ), Gabriel Grossi Quintet (BR), Gregory Privat Trio (MQ), Jazzmeia Horn (USA), Justin Kauflin (USA), Mn’ JAM experiment (Australia) dan Petros Klampanis Group (USA).

Seluruh band yang terpilih merupakan hasil seleksi penjurian yang susunan juri tersebut akan selalu berubah-ubah setiap tahunnya.

Sepanjang sejarah Jazzahead!, Indonesia pernah mencatatkan diri ikut dalam Overseas Night dengan mengirimkan band simakDialog yang dipimpin oleh (alm) Riza Arshad saat itu.

Baca: https://www.wartajazz.com/news/2011/05/15/jazzahead-2011-overseas-night

Dan keterlibatan Agus Setiawan Basuni sebagai juri German Jazz Expo 2017 yang lalu.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker