News

Bobby Watson – pemain saksofon, komposer sekaligus pendidik jazz

Bobby Watson lahir 23 Agustus 1953 di Lawrence, Kansas adalah seorang pemain saksofon, komposer, dan pendidik jazz.

Watson dibesarkan di Kansas City, Kansas. Dia kuliah di University of Miami pada waktu yang sama dengan Pat Metheny, Jaco Pastorius, dan Bruce Hornsby.

Lulus pada tahun 1975, lalu pindah ke New York City, dan menjadi direktur musik untuk Jazz Messengers dari 1977–1981. Setelah meninggalkan band, ia produktif sebagai musisi sesi, rekaman dengan Wynton Marsalis, Branford Marsalis, Max Roach, Joe Williams, Dianne Reeves, Lou Rawls, Betty Carter, dan Carmen Lundy.

Ia membentuk band Bobby Watson & Horizon dengan bassis Curtis Lundy dan drummer Victor Lewis yang bermain sepanjang 1980-an dan 90-an.

Selain karyanya sebagai pemimpin Horizon, Watson memimpin kelompok yang dikenal sebagai High Court of Swing (sebuah project tribute untuk musik Johnny Hodges), Tailor-Made Big Band (16 buah), dan sebagai anggota pendiri 29th Street Saxophone Quartet, kelompok demgam empat pemain tiup yakni alto saxophonist Ed Jackson, tenor saxophonist Rich Rothenberg, dan bariton saxophonist Jim Hartog.

Watson juga menyusun lagu asli untuk soundtrack film A Bronx Tale (1993).

Sebagai penduduk New York untuk sebagian besar kehidupan profesionalnya, Watson melayani sebagai anggota fakultas tambahan dan mengajar saxophone secara pribadi di William Paterson University dari 1985 hingga 1986 dan Manhattan School of Music dari tahun 1996 hingga 1999. Dia juga terlibat dengan program penjangkauan sekolah menengah tahunan “Jazz in America” ​​dari Thelonious Monk Institute.

Pada tahun 2000, ia didekati untuk kembali ke lingkungan asalnya di midwestern perbatasan Kansas-Missouri. Watson terpilih sebagai penerima pertama William D. dan Mary Grant / Missouri, Distinguished Professorship dalam Studi Jazz.

Sebagai direktur studi jazz di Universitas Missouri-Kansas City Conservatory of Music, sambil tetap mengelola jadwal pertunjukan di seluruh dunia, ansambel Watson di UMKC telah mendapatkan beberapa penghargaan dan pengakuan nasional.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker