News

Saxophonis Branford Marsalis

Branford Marsalis lahir di Breaux Bridge, Louisiana, 26 Agustus 1960 merupakan seorang pemain saksofon sekaligus komposer berkebangsaan Amerika Serikat. Dia merupakan orang yang tertua daripada enam bersaudara yaitu Wynton Marsalis, Ellis Marsalis III, Delfeayo Marsalis, Mboya Kinyatta, dan Jason Marsalis.

Putra dari Dolores (née Ferdinand), seorang penyanyi jazz dan guru, dan Ellis Louis Marsalis, Jr, seorang pianis dan profesor musik ini merupakan pemimpin Branford Marsalis Quartet, ia juga sering tampil sebagai solois dengan ensambel klasik dan telah memimpin grup Buckshot LeFonque.

***

Awal musik: 1980–85

Pada pertengahan 1980, ketika masih bersekolah di Berklee College of Music, Brandford melakukan tur Eropa memainkan alto dan baritone saxophone dalam ensemble besar yang dipimpin oleh drummer Art Blakey. Pengalaman bigband lain didapatnya dari Lionel Hampton dan Clark Terry dan pada akhir tahun 1981 Marsalis, di alto saxophone, telah bergabung dengan saudaranya Wynton di Blakey’s Jazz Messengers. Pertunjukan lain dengan saudaranya, termasuk tur Jepang tahun 1981 dengan Herbie Hancock, mengarah pada pembentukan kuintet pertama saudaranya Wynton, di mana Brandford mengalihkan penekanannya pada soprano dan tenor saksofon. Dia terus bekerja dengan Wynton hingga 1985, dimana ia merilis rekaman pertamanya, Scenes in the City, serta penampilan tamu dengan artis lain termasuk Miles Davis dan Dizzy Gillespie.

Pada tahun 1985, ia bergabung dengan Sting, penyanyi dan bassis band rock the Police, pada proyek solo pertamanya, The Dream of the Blue Turtles, bersama jazz dan musisi sesi Omar Hakim pada drum, Darryl Jones pada bass dan Kenny Kirkland di keyboard. Ia menjadi pemain reguler di line-up Sting di studio dan hidup sampai peluncuran Brand New Day pada tahun 1999.

Pada tahun 1994, Marsalis muncul di CD kompilasi Organisasi Red Hot, Stolen Moments: Red Hot + Cool, sebuah album yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan epidemi AIDS di masyarakat Afrika Amerika, yang mendapat ganjaran Album of the Year oleh majalah Time.

Pada tahun 1988, Marsalis ikut membintangi film Spike Lee School Daze, juga menampilkan beberapa selingan menarik permainan horn-nya.

Dari tahun 1992 hingga 1995, Branford adalah pemimpin band Tonight Show dalam acara yang dipandu oleh Jay Leno. Awalnya, ia menolak tawaran itu, tetapi kemudian mempertimbangkan kembali dan menerima posisi itu. Belakangan ia digantikan gitaris Kevin Eubanks.

Antara 1990 dan 1994, Branford bermain dengan Grateful Dead beberapa kali.

Transisi: 1995–2007

Marsalis merilis rekaman Buckshot LeFonque kedua pada tahun 1997. Ia lebih berminat utamanya sejak tahun 1996 adalah pada kuartet, kinerja klasik, dan pendidikan.

Dengan anggota asli Jeff “Tain” Watts pada drum, bassist Eric Revis menggantikan Hurst pada tahun 1997, sementara pianis Joey Calderazzo menjadi anggota setelah kematian Kirkland pada tahun berikutnya. The Branford Marsalis Quartet telah melakukan tur dan merekam secara ekstensif, menerima Grammy pada tahun 2001 untuk album Contemporary Jazz. Selama dua dekade Marsalis dikaitkan dengan Columbia, di mana ia menjabat sebagai konsultan dan produser kreatif untuk rekaman jazz antara 1997 dan 2001, termasuk menandatangani saxophonist David S. Ware untuk dua album.

Marsalis menempatkan penekanan yang lebih besar pada musik klasik sejak rilis albumnya pada tahun 2001 Penciptaan. [Rujukan?] Pertunjukan dengan orkestra simfoni dan ansambel kamar di seluruh dunia telah menjadi bagian penting dari itinerary-nya. Pada bulan Oktober dan November 2008, Marsalis melakukan tur ke AS dengan Philarmonia Brasileira, menampilkan musik oleh komposer Brasil Heitor Villa-Lobos, yang diatur untuk saksofon dan orkestra solo. Proyek ini memperingati 50 tahun kematian sang komposer.

Pada tahun 2002, Marsalis mendirikan labelnya sendiri, Marsalis Music. Katalognya meliputi Claudia Acuña, Harry Connick Jr., Doug Wamble, Miguel Zenón, selain album oleh anggota keluarga Marsalis.

Marsalis juga telah terlibat dalam pendidikan perguruan tinggi, dengan janji di Michigan State (1996-2000), San Francisco State (2000-2002), dan North Carolina Central University (2005-sekarang). Setelah Badai Katrina pada tahun 2005, Marsalis dan Harry Connick, Jr., bekerja dengan Habitat for Humanity lokal, menciptakan Musicians Village di New Orleans, dengan Ellis Marsalis Center for Music sebagai pusat. Pada tahun 2012, Marsalis dan Connick menerima Penghargaan Roger Horchow untuk Pelayanan Publik Terbesar oleh Warga Negara Asing, penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Jefferson Awards.

Pada September 2006, Branford Marsalis dianugerahi gelar Doktor Kehormatan Musik dari Berklee College of Music. Selama upacara penerimaannya, dia dihormati dengan pertunjukan penghargaan yang menampilkan musik dari sepanjang karirnya.

Proyek-proyek klasik dan Broadway: 2008–2010

Di bawah arahan konduktor Gil Jardim, Branford Marsalis dan anggota Philharmonia Brasileira berkeliling Amerika Serikat pada musim gugur tahun 2008, melakukan karya-karya oleh komposer Brasil Heitor Villa-Lobos, yang diatur untuk saksofon dan orkestra solo. Proyek ini memperingati HUT ke-50 dari kematian komposer Brasil yang dihormati.

Branford Marsalis dan anggota kuartetnya bergabung dengan North Carolina Symphony for American Spectrum, yang dirilis pada Februari 2009 oleh BIS Records Swedia. Album ini menampilkan Marsalis dan orkestra melakukan berbagai musik Amerika oleh Michael Daugherty, John Williams, Ned Rorem dan Christopher Rouse, saat sedang dilakukan oleh Grant Llewellyn.

Marsalis dinominasikan dan memenangkan Drama Desk Award 2010 dalam kategori “Outstanding Music in a Play” dan juga dinominasikan untuk Penghargaan Tony 2010 dalam kategori “Skor Asli Terbaik (Musik dan / atau Lirik) yang Ditulis untuk Teater” atas partisipasinya dalam kebangkitan Broadway Pagar August Wilson.

Pada tanggal 14 Juli 2010, Marsalis memulai debutnya dengan New York Philharmonic di Central Park’s Great Lawn. Dipimpin oleh konduktor Andrey Boreyko, Marsalis dan New York Philharmonic membawakan “Concerto for Alto Saxophone” milik Glazunov dan “Hot-Sonate untuk Alto Saxophone and Orchestra” milik Schuloff. Boreyko, Marsalis dan Philharmonic melakukan program yang sama lagi di Vail, CO pada bulan itu dan empat kali lagi di Avery Fisher Hall di New York, NY pada bulan Februari berikutnya.


2011 – sekarang

Marsalis, bersama ayah dan saudara laki-lakinya, adalah penerima kelompok NEA Jazz Masters Award 2011.

Pada Juni 2011, setelah bekerja bersama selama lebih dari 10 tahun dalam pengaturan band, Branford Marsalis dan Joey Calderazzo merilis album duo pertama mereka yang berjudul Songs of Mirth and Melancholy, di label Branford, Marsalis Music. Pertunjukan perdana dunia mereka adalah pada 29 Juni 2011 di Koerner Hall di 2011 TD Toronto Jazz Festival.

Pada tahun 2012, Branford Marsalis merilis Empat Tunas Putar Premium pada vinil definisi tinggi deluxe 180 gram, sebelum Record Store Day 2012 pada 21 April 2012. Ini adalah rekaman pertama Branford Marsalis Quartet dengan drummer Justin Faulkner, yang bergabung dengan band pada tahun 2009 dan merupakan rilis vinil pertama dari Marsalis Music. CD dan rilis digital dari Four-MFs Playin ‘Tunes diikuti pada 7 Agustus 2012. Pembelian vinyl dilengkapi dengan kartu unduh yang memungkinkan pembeli untuk menerima salinan digital gratis ketika dirilis. Album ini bernama Apple iTunes Best of 2012 Album Jazz Instrumental Terbaik Tahun Ini.

Pada Mei 2012, Branford Marsalis menerima gelar Doktor Musik kehormatan dari University of North Carolina di Chapel Hill. [10]

Pada Juni 2012, Marsalis, bersama teman dan rekan asli New Orleans, Harry Connick, Jr., mendapat penghargaan Jefferson Awards for Public Service atas karyanya di Musicians ‘Village of New Orleans.

Marsalis menampilkan The Star-Spangled Banner pada hari Rabu, 5 September 2012 di Konvensi Nasional Partai Demokrat di Charlotte.

Pada 26 Maret 2013, Branford Marsalis menerima gelar Doctor of Arts Leadership, honoris causa dari Saint Mary’s University of Minnesota.

Instrument yang digunakan

  • Soprano: silver Selmer Mark VI , Yamaha YSS-82ZR, Selmer D mouthpiece dan Vandoren V12 Clarinet reeds 5+
  • Alto: Cannonball Vintage Series (model AV/LG-L) dengan Selmer Classic C mouthpiece dan Vandoren #5
  • Tenor: Selmer Super Balanced Action with a Fred Lebayle 8 mouthpiece and Alexander Superial size 3.5 reeds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker