NewsProfile

Charlie Parker

Charlie Parker
Charlie Parker

Charlie Parker adalah saksofonis sekaligus komposer jazz berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada 29 Agustus 1920 di Kota Kansas.

Pria yang dijuluki Bird atau Yardbird, sering disejajarkan dengan Louis Armstrong dan Duke Ellington, sebagai musikus jazz yang legendaris dan memiliki pengaruh terhadap perkembangan jazz dan terhadap pemusik-pemusik generasi selanjutnya yang luar biasa besar.

Pemikiran-pemikiran inovatifnya mengenai harmoni dan melodi menjadi dasar aliran bebop, walaupun sebenarnya Parker sangat membenci musik yang dimainkannya dinamakan oleh para kritikus musik sebagai “bebop”. Hal ini didasarkan dari sikap Duke Ellington yang tidak pernah mau musik yang dimainkannya dikategorikan sebagai musik Jazz oleh para wartawan dan kritikus musik pada saat itu.

Pada pertengahan 1930-an, Parker mulai berlatih dengan tekun. Selama periode ini ia menguasai improvisasi dan mengembangkan beberapa ide yang mengarah pada perkembangan selanjutnya dari Bebop. Dalam sebuah wawancara dengan Paul Desmond, dia mengatakan bahwa dia menghabiskan tiga hingga empat tahun berlatih hingga 15 jam sehari. [10]

Band yang dipimpin oleh Count Basie dan Bennie Moten pasti dipengaruhi Parker. Dia bermain dengan band-band lokal di klub jazz di sekitar Kansas City, Missouri, di mana dia menyempurnakan tekniknya, dengan bantuan Buster Smith, yang transisi dinamisnya menjadi dua kali lipat dan tiga kali dipengaruhi gaya berkembang Parker.

Ia  wafat 12 Maret 1955 di  New York, Amerika Serikat.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?